Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Breaking News?

Baca di App
Lihat Foto
Freepik.com/Starline
Ilustrasi breaking news
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Breaking news merujuk pada pemberitaan yang tidak terduga. Berita ini sering ditayangkan di sela program tayangan televisi dan radio, sehingga dalam bahasa Indonesia sering juga disebut berita sela.

Awalnya format breaking news hanya milik media penyiaran televisi dan radio. Namun, seiring berjalannya waktu, breaking news mulai diaplikasikan di media daring.

Pengertian breaking news

Dikutip dari buku Jurnalistik Sinematografi (2021) karya Rusman Latief, breaking news adalah berita yang disiarkan di dalam program atau di sela program siaran yang sedang tayang.

Berita ini disiarkan karena punyai nilai kepentingan yang tinggi bagi pemerintah serta masyarakat, sehingga penayangannya dapat menghentikan sejenak acara yang sedang berlangsung.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melansir dari situs Thought Co, breaking news atau berita sela mengacu pada peristiwa yang sedang berkembang atau bersifat “breaking”, dan merujuk pada peristiwa yang tidak terduga, seperti kecelakaan pesawat atau kebakaran gedung.

Baca juga: Straight News: Pengertian dan Cirinya

Karena tayangannya sering menyela program acara lainnya, breaking news sering disebut program berita tercepat dan terbaru pada sebuah peristiwa yang terjadi.

Kategori peristiwa yang bisa dilaporkan dalam breaking news

Menurut Rusman Latief dan Yusiatie Utud dalam buku Kreatif Siaran Televisi Hard News, Soft News, Drama, dan Non-Drama (2017), ada tiga kategori peristiwa yang bisa dilaporkan dalam breaking news, yakni:

Contohnya pengumuman kebijakan politik, keamanan, ekonomi yang berdampak besar bagi masyarakat. Misalnya, pengumuman kenaikan harga BBM, serta pengumuman bahwa akan terjadi bencana alam supaya masyarakat lebih siaga dan waspada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Thought Co
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi