Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kalimat yang Mengandung Kata Khusus

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI
Contoh Kalimat yang Mengandung Kata Khusus
|
Editor: Silmi Nurul Utami


KOMPAS.com – Kalimat disusun dari berbagai jenis kata dan dibuat untuk menyampaikan berbagai tujuan. Salah satu kata yang sering digunakan dalam kalimat adalah kata khusus.

Menurut Gorys keraf dalam buku Diksi dan Gaya Bahasa (1984), kata khusus adalah kata yang maknanya mengacu pada pengarahan yang khusus dan konkret.

Soedjito dan Saryono dalam buku Kosakata Bahasa Indonesia (2011) juga menyebutkan bahwa kata khusus memiliki ruang lingkup penggunaan yang sempit. Hal ini karena kalimat khusus menyampaikan sesuatu yang khusus.

Contoh kalimat yang mengandung kata khusus adalah “Pemandangan pantai itu sangat elok”. Elok adalah kata khusus yang merupakan sinonim kata yang lebih umum, yaitu indah. Kata elok memiliki arti yang lebih sempit daripada kata indah.

Baca juga: Kata Umum dan Kata Khusus dalam Bahasa Indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misalkan suatu kalimat “Dia adalah orang yang baik”. Kalimat tersebut bukanlah kalimat dengan kata khusus, karena menggunakan kata umum. Baik adalah kata umum karena memiliki makna dengan ruang lingkup yang luas.

Kata baik dalam kalimat tersebut memiliki makna yang luas. Kata baik tidak hanya bisa digunakan pada manusia, namun juga pada hal lain bukan manusia.

Maka, agar pembaca lebih memahami makna suatu kalimat, digunakanlah kata khusus. Misalnya “Dia adalah orang yang ramah”. Sehingga, kalimat dapat menyampaikan makna yang lebih khusus.

Baca juga: Contoh Kalimat dengan Kata Habitat, Produsen, dan Predator

Berikut adalah contoh lain dari kalimat yang mengandung kata khusus!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi