Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur-unsur Publisitas sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran

Baca di App
Lihat Foto
Freepik.com/Pch.vector
Ilustrasi publisitas
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Unsur publisitas adalah adanya sumber, adanya pesan, adanya media dalam bentuk ruang fisik, adanya manajemen kegiatan, adanya audiensi, serta adanya tujuan.

Sebagai salah satu bentuk komunikasi pemasaran, publisitas terkadang dipandang lebih efektif dibanding iklan. Karena khalayak dianggap lebih siap saat menerima informasi.

Menurut Morissan dalam buku Manajemen Public Relations (2008), publisitas adalah upaya individu atau organisasi agar kegiatannya diberitakan di media massa.

Publisitas merupakan bentuk komunikasi satu arah yang sering dilakukan humas (hubungan masyarakat).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah satu tujuan publisitas adalah meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) konsumen serta meningkatkan minat konsumen terhadap merek atau produk perusahaan.

Unsur-unsur publisitas

Dikutip dari buku Komunikasi Serba Ada Serba Makna (2011) karya Alo Liliweri, berikut unsur-unsur publisitas:

Adanya sumber publisitas

Unsur pertama adalah publisitas memiliki sumber, baik sebagai penginisiatif kegiatan, perancang seluruh aktivitas, penggagas yang menyusun acara, pihak yang mengorganisasi semua skenario, maupun sumber informasi.

Baca juga: Publisitas, Bentuk Komunikasi Pemasaran di Media Massa

Adanya pesan

Publisitas memiliki pesan yang bersifat informatif, persuasif, konstruktif, bahkan destruktif mengenai suatu hal, baik orang, acara, barang, jasa, aktivitas, hingga peranan serta statusnya.

Unsur ini berarti ada sesuatu yang dipromosikan dalam publisitas. Misalnya politisi, bintang film, pakar atau ahli, pejabat publik, informasi mengenai hal unik, atau informasi yang sedang dicari publik untuk diketahui, dan lain sebagainya.

Adanya media dalam bentuk ruang fisik

Unsur publisitas ini merupakan tempat di mana suatu hal dipromosikan. Contohnya ruang publik, gedung, tempat umum, dinding, atap gedung, alat transportasi, ruang media massa (kolom surat kabar dan majalah), serta waktu yang dimiliki media eleltronik, seperti radio, televisi, dan video.

Adanya manajemen kegiatan

Publisitas dilakukan dengan melakukan manajemen kegiatan atau aktivitas. Mulai dari perencanaan barang serta sumber daya, pengorganisasian, penggerakkan orang atau barang, hingga melakukan pengawasan serta evaluasi.

Adanya audiensi

Agar tujuan publisitas terwujud, pelaksanaannya harus dilakukan di depan masyarakat. Audiensi bisa berupa khalayak umum atau khalayak khusus yang telah ditentukan.

Adanya tujuan

Unsur publisitas ialah memiliki tujuan. Contohnya, publisitas ditujukan untuk memberi informasi, mengubah sikap khalayak, memperkenalkan sesuatu, serta membuat masyarakat membeli atau mengikuti hal yang dianjurkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi