Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Sosial Budaya dan Bentuknya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi perubahan sosial budaya dan bentuknya
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Bonarod Lumbanraja, Guru UPTD SMPN 1 Lima Puluh, Batubara, Sumatera Utara 

 

KOMPAS.com - Pernahkah kamu memperhatikan perbedaan kondisi masyarakat tempat tinggalmu? Apakah ada perbedaan antara keadaan sekarang dan beberapa tahun yang lalu?

Tentunya lingkungan masyarakat selalu mengalami perbedaan dari waktu ke waktu. Perubahan sosial budaya meliputi berbagai hal seperti cara berpikir, berperilaku, dan alat-alat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam cara berpikir misalnya, masyarakat mengalami perubahan dari berpikir magis ke rasional. Manusia mulai menerima segala sesuatu secara obyektif dengan menggunakan pikiran yang rasional.

Selain itu terdapat perubahan dalam penggunaan alat dari tradisional ke alat yang lebih modern. Kingsley Davis dalam Teori Sosiologi tentang Perubahan Sosial (2014) mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan.

Perubahan kebudayaan masyarakat mencakup hal-hal seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, dan filsafat.

Menurutnya, perubahan sosial berarti perubahan pada sistem sosial, struktur dan fungsi masyarakat.

Baca juga: Sikap dan Perilaku Menghadapi Perubahan Sosial Budaya

Apa saja yang termasuk perubahan pada sosial dan perubahan budaya?

Perubahan sosial misalnya perilaku remaja yang berubah, perubahan nilai dan norma dalam masyarakat, perubahan pada peran perempuan dan laki-laki, serta masih banyak perubahan lainnya.

Budaya dapat diartikan sebagi hasil cipta rasa karsa manusia. Hal-hal yang termasuk perubahan budaya di antaranya adalah perubahan pada alat transportasi, alat komunikasi serta perubahan pada bidang budaya lainnya. 

Bentuk perubahan sosial budaya

Perubahan sosial budaya dalam masyarakat sangat beragam baik bentuk maupun jenisnya. Oleh karena itu. Berikut ini akan dijelaskan bentuk perubahan sosial budaya: 

Perubahan dilihat dari waktunya 

Perubahan sosial yang terjadi mempunyai kecepatan atau waktu yang berbeda-beda antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lainnya.

Pada masyarakat tradisional tentunya kecepatan perubahan sosial budaya akan lebih lambat dibandingkan dengan masyarakat modern.

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan masyarakat modern lebih terbuka dan heterogen dibandingkan dengan masyarakat tradisional. Berikut penjelasannya: 

Perubahan sosial lambat atau evolusi merupakan perubahan sosial yang memerlukan waktu lama dan diikuti oleh rentetan perubahan kecil yang terjadi secara lambat. Perubahan sosial pada masyarakat tradisional dapat dikategorikan mengalami perubahan lambat.

Baca juga: Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya dalam Rangka Modernisasi

  • Perubahan sosial cepat atau revolusi

Perubahan sosial secara cepat atau revolusi adalah perubahan sosial yang berlangsung dalam waktu yang cepat dan hal-hal mendasar dalam masyarakat ikut mengalami perubahan.

Revolusi industri merupakan perubahan sosial budaya yang dapat dikategorikan dalam perubahan sosial secara cepat.

Revolusi industri membawa akibat dalam berbagai bidang kehidupan bagi negaranya ataupun bagi negara lain, antaralain sebagai berikut:

  1. Proses mekanisasi dalam usaha industri
  2. Perdagangan makin berkembang
  3. Transportasi lancar
  4. Berkembangnya urbanisasi
  5. Terjadinya kesenjangan sosial
Perubahan dilihat dari pengaruhnya

Berdasarkan pengaruhnya, perubahan terbagi menjadi: 

  • Perubahan yang pengaruhnya kecil 

Perubahan yang pengaruhnya kecil diikuti oleh sebagian kecil orang. Perubahan ini tidak membawa perubahan mendasar pada bidang kehidupan. Contoh dari perubahan yang pengaruhnya kecil adalah perubahan model baju dan perubahan model rambut.

Baca juga: Dampak Penemuan Pesawat Terbang terhadap Perubahan Sosial Budaya di Bidang Ekonomi

  • Perubahan yang pengaruhnya besar 

Perubahan yang pengaruhnya besar adalah perubahan yang membawa perubahan dalam sendi-sendi kehidupan dalam suatu masyarakat. Industrialisasi merupakan salah satu contoh dari bentuk perubahan tersebut.

Industrialisasi membawa pengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan di masyarakat. Industrialisasi merupakan merupakan proses perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem mata pencarian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.

Perubahan dilihat dari perencanaannya 

Perubahan dilihat dari perencanaannya terbagi sebagai berikut:

  • Perubahan yang direncanakan 

Perubahan yang direncanakan merupakan perubahan yang memang diinginkan atau dikehendakai oleh masyarakat atau pihak yang menginginkan perubahan.

Pembangunan dapat dikatakan sebagai contoh perubahan sosial yang dikehendaki dan direncanakan. Salah satu contoh pembangunan yang dilaksanakan di Indonesia adalah pembangunan jalan.

  • Perubahan yang tidak direncanakan 

Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan adalah perubahan yang terjadi diluar jangkauan pengawasan masyarakat. Bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, banjir dan sebagainya akan membawa perubahan bagi masyarakat yang mengalaminya.

Perubahan sosial yang tidak direncanakan terkadang terjadi sebagai akibat perubahan yang direncanakan. Sebagai contoh, perubahan penggunaan traktor dalam teknologi pertanian merupakan sebuah perubahan yang direncanakan.

Kemajuan dan penerapan teknologi tersebut menguntungkan petani karena menghemat tenaga, waktu, dan biaya. Namun di sisi lain menimbulkan dampak yang tidak direncanakan seperti, banyak buruh tani kehilangan pekerjaan karena tenaganya telah digantikan mesin.

Baca juga: Teori Perubahan Sosial: Jenis-Jenis dan Contohnya

Perubahan sosial budaya pada masa pandemi Covid-19

Pada masa pandemi covid-19 yang terjadi di banyak negara telah membawa perubahan yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat. Covid-19 jika dilihat dari bentuk perubahan sosialnya merupakan perubahan yang tidak dikehendaki dan tidak direncanakan.

Akibat yang muncul dari era pandemi Covid-19 muncul kebiasaan-kebiasaan baru dalam masyarakat. Misalnya harus menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak serta menjauhi kerumunan.

Selain hal tersebut, Covid-19 juga memengaruhi interaksi masyarakat dan mobilitas masyarakat karena adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal tersebut jelas memengaruhi ekonomi masyarakat.

Pembatasan kegiatan di masyarakat

Kegiatan-kegiatan kemasyarakatan juga dibatasi, misalnya kegiatan belajar sekolah sementara dilakukan secara daring atau sistem BDR (Belajar dari Rumah), hal tersebut dilakukan sebagai usaha ataupun upaya pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

Masyarakat diimbau dari pemerintah untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah sejak awal kemunculan virus ini di Indonesia. Begitu pula dengan pola kebiasaan masyarakat yang senang berkumpul dan bersalaman, kini dituntut untuk terbiasa melakukan pembatasan sosial.

Baca juga: Perubahan Sosial Budaya: Bentuk, Faktor Pendorong dan Penghambat

Normal baru menekankan masyarakat pada perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas secara normal, namun tetap merajuk pada protokol kesehatan yang kemudian harus dibiasakan.

Meskipun begitu, penerapan normal baru tidak akan berjalan dengan maksimal, apabila tidak disertai dengan kedisiplinan tinggi oleh masyarakat. Sebab pandemi Covid-19 telah memaksa kita untuk adaptif terhadap segala bentuk perubahan. Begitu juga hidup normal baru bisa saja akan menjadi model budaya baru di masa mendatang.

Dengan segala keterbatasan serta yang dihadapi pemerintah dalam penanganan Covid-19, pemerintah perlu untuk memahami dan mendukung metode Work For Home (WFH) yang dijalani ASN.

Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan media teknologi secara daring dan media lainnya yang sesuai dengan  internet yang ada di masing-masing satuan Pendidikan.

Pandemi Covid-19 juga telah mengubah yang tadinya biasa berbelanja di toko offline, seperti pasar atau supermarket menjadi online. 

Kini masyarakat banyak beralih ke online shop karena memudahkan konsumen dan banyak keuntungan yang di dapat dari konsumen tersebut.

Dengan pemanfaatan tersebut semoga penyebaran Covid-19 dapat segera mereda, dan bahkan menghilang dari dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi