Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Proses Komunikasi Pemasaran?

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI
Ilustrasi proses komunikasi pemasaran
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Proses komunikasi pemasaran melibatkan proses encoding dan decoding. Pengirim, pesan, penerima, respons, dan noise (gangguan) menjadi elemen utama dalam proses komunikasi pemasaran.

Komunikasi pemasaran adalah proses pengiriman informasi atau pesan yang tujuannya membujuk, mengingatkan, atau menginformasikan konsumen mengenai produk atau jasa.

Proses komunikasi pemasaran

Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI Bagan model proses komunikasi pemasaran

Dikutip dari buku Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu (2018) karya Nufian S. Febriani dan Wayan Weda Asmara Dewi, beberapa elemen di atas bisa diterapkan dalam proses komunikasi pemasaran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Komunikasi Pemasaran: Pengertian dan Tujuannya

Proses komunikasi pemasaran diawali dari pengirim, yakni perusahaan, yang menyusun pesan pemasaran untuk ditargetkan kepada khalayak. Proses penyusunan pesan ini disebut encoding.

Perusahaan kemudian mengirimkan pesan kepada konsumen lewat mediator atau media. Begitu pula, konsumen (penerima) yang menerima pesannya melalui media tersebut.

Setelah itu, konsumen memproses atau melakukan decoding terhadap pesan yang diterima. Kemudian konsumen akan memberi respons terhadap pesan tersebut, misalnya berupa pembelian atau mengajukan pertanyaan.

Walau begitu, dalam proses komunikasi pemasaran ini sangat mungkin terjadi noise dari pihak kompetitor perusahaan yang memasarkan produk serupa dan memiliki target yang sama.

Akibatnya, fokus konsumen menjadi terpecah sehingga berdampak pada respons yang akan diberikan.

Untuk mencegah gangguan (noise) itu terjadi, perusahaan harus mampu menyampaikan pesan pemasaran yang baik, kreatif, dan unik. Sehingga dari proses komunikasi pemasaran ini diharapkan konsumen bisa memberi respons yang baik kepada perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi