Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Angle Berita?

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI
Ilustrasi angle berita (news angle). Angle berita adalah sudut pandang jurnalis dalam memandang sebuah peristiwa.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Angle berita menentukan pembuatan judul serta lead (teras berita) atau paragraf pertama dalam berita. Tiap media dan wartawan umumnya memiliki angle berita yang berbeda, tetapi ada pula yang sama.

Dari sisi pembuatan berita, angle merupakan sudut pandang jurnalis saat memandang sebuah peristiwa. Sementara dari sisi pembaca atau khalayak, angle berita membantu mereka melihat sisi lain dari sebuah peristiwa.

Angle dalam pemberitaan

Menurut Bob Franklin, dkk dalam buku Key Concepts in Journalism Studies (2005), news angle (angle berita) adalah perspektif atau sudut pandang dari mana sebuah peristiwa dilaporkan.

Angle berita dikenal juga dengan istilah news angle, news peg (pasak berita), atau news hook (pengait berita).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudut pandang atau angle berita tertentu yang diambil bergantung pada berbagai hal, seperti kekuatan konten (apakah informasinya penting, menarik, unik, berbeda, responsif, atau deskriptif), maupun jenis organisasi media (lokal, nasional, atau internasional) yang menerbitkan atau menyiarkan berita.

Terkadang news angle juga bergantung pada penilaian editorial terhadap muatan nilai dalam sebuah peristiwa. Penilaian tersebut merupakan ukuran kelayakan berita dari sebuah peristiwa, atau apakah dalam peristiwa itu ada nilai beritanya atau tidak.

Baca juga: Teras Berita (Lead): Pengertian dan Fungsinya

Dikutip dari buku Kreatif Siaran Televisi: Hard News, Soft News, Drama, Non-drama (2017) karya Rusman Latie dan Yusiatie Utud, angle berita diperlukan agar sebuah berita bisa berfokus hanya pada informasi penting mengenai peristiwa.

Artinya angle berita membantu jurnalis atau wartawan tetap fokus pada pembahasan peristiwa yang diangkat, sehingga informasinya tetap padat, ringkas, dan jelas.

News angle menjadi pembeda isi berita antara media yang satu dan lainnya. Sekalipun kejadiannya sama, tetapi penyampaian beritanya bisa berbeda karena dipengaruhi angle berita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi