Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaidah Tangan Kanan

Baca di App
Lihat Foto
phys.libretexts.org
(a) arah medan magnet B berdasarkan kaidah tangan kanan pada kawat melingkar (b) ilustrasi medan magnet B pada kawat melingkar sesuai dengan arah yang ditunjukkan oleh kaidah tangan kanan
|
Editor: Silmi Nurul Utami


KOMPAS.com – Ketika mempelajar elektromagnetik dalam ilmu fisika, kerap kali muncul istilah kaidah tangan kanan.

Namun, apakah sebenarnya kaidah tangan kanan itu?

Ketika mempelajari elektromagnetik, kita akan akrab dengan istilah medan listrik, medan magnet, arus listrik, dan juga gaya magnet atau gaya Lorentz.

Dilansir dari Lumen Learning, medan magnet merupakan medan vektor, sehingga gaya yang diberikan berorientasi pada arah tertentu.

Artinya, medan magnet dan gaya Lorentz selain memiliki nilai juga memiliki arah (merupakan besaran vektor).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu, bagaimana cara menentukan arah gaya Lorentz dan medan magnet? Caranya adalah menggunakan kaidah tangan kanan.

Baca juga: Rumus Gaya Lorentz

Selain medan magnet dan gaya yang dihasilkannya, medan listrik juga memiliki arah karena terbentuk dari kumpulan elektron yang mengalir dari satu tempat ke tempat lainnya. Bagaimana cara menentukan arah medan listrik?

Untuk mengetahuinya, kita harus memahami isi kaidah tangan kanan terlebih dahulu. Kaidah tangan kanan digagas oleh seorang insinyur asal Inggris bernama Sir Josh Ambrose Fleming. Kaidah tangan tangan dibuat untuk membantu dalam menentukan arah gaya magnet.

Dilansir dari Physics LibreTexts, kaidah tangan kanan konsisten pada setiap bidang yang dipetakan untuk kawat lurus yang panjang. Kaidah tangan kanan dilakukan dengan memosisikan tangan kanan seperti akan menembak dengan pistol.

Baca juga: Besar Gaya Lorentz Pada Kawat Berarus Membentuk Sudut

Ibu jari dan telunjuk dibuka, adapun jari tengah setengah dibuka dan tegak lurus terhadap jari telunjuk. Ibu jari tangan kanan menunjukkan arah arus listrik (I) yang mengalir. Telunjuk kemudian menunjukkan arah dari medan magnet.

Adapun jari tengah dan telapak tangan kanan menunjukkan arah gaya magnet atau gaya Lorentz. Arah medan magnet dan arus listrik akan selalu tegak lurus. Hal tersebut dikarenakan medan magnet dan arus listrik membentuk gelombang elektromagnetik yang bidangnya tegak lurus satu sama lain.

Kemanapun arah arus listrik, kita dapat menggunakan kaidah tangan kanan untuk menentukan arah medan magnet dan gaya magnetnya. Sehingga, kaidah tangan kanan dapat mempermudah dalam mempelajari elektromagnetika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi