Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Kegiatan External Public Relations

Baca di App
Lihat Foto
Freepik.com/Freepik
Ilustrasi kegiatan external public relations
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Kegiatan external public relations ditujukan ke publik eksternal perusahaan. Beberapa bentuk kegiatannya adalah menjalin hubungan dengan pers, pemerintah, pelanggan, masyarakat, pemasok, dan pihak pendidikan.

Publik eksternal merupakan pihak berkepentingan yang ada di luar perusahaan. Jenis publik ini sangat memengaruhi citra (image) positif perusahaan atau organisasi.

Dikutip dari jurnal Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Public Opinion Lembaga Pendidikan (2018) karya Nur Izza Afkarina, kegiatan external public relations dilakukan guna mendapat dukungan, pemahaman, dan kepercayaan dari publik eksternal.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dijalankan untuk mengokohkan relasi dengan berbagai pihak eksternal, sehingga terbentuk opini publik yang positif terhadap perusahaan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari buku Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan (2015) oleh Ujang Sumarwan, berikut beberapa bentuk kegiatan external public relations:

Hubungan dengan pers (press relations)

Artinya Public Relations (PR) menjalin hubungan harmonis dengan pers atau berbagai perusahaan media, baik cetak, daring, maupun elektronik.

Hubungan dengan pemerintah (government relations)

Kegiatan external public relations ini mengarah pada upaya menangani berbagai peraturan pemerintah yang berkaitan dengan organisasi atau perusahaan.

Baca juga: External Public Relations: Pengertian dan Fungsinya

Hubungan dengan publik pelanggan (customer relations)

Public relations harus menjalin hubungan harmonis dengan pelanggan atau konsumen. Terciptanya hubungan harmonis antara perusahaan serta konsumen, akan membuat pelanggan loyal dan tetap memiliki motivasi tinggi pada produk, merek, atau layanan perusahaan.

Hubungan dengan masyarakat (community relations)

Opini publik masyarakat sangat berpengaruh terhadap pembentukan citra positif perusahaan. Sebab itu, public relations perlu menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat.

Hubungan dengan pihak pemasok (supplier relations)

Artinya public relations menjalin hubungan baik dan harmonis dengan pemasok, yakni pihak yang bertugas memasok berbagai kebutuhan organisasi. Contohnya, pemasok bahan baku, pemasok peralatan dan perlengkapan kantor, dan lainnya.

Hubungan dengan pihak pendidikan (educational relations)

Kegiatan external public relations ini ditujukan untuk membina hubungan baik dengan institusi pendidikan, sebagai upaya membentuk atau meningkatkan citra positif perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi