Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teks Tanggapan: Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi pengertian teks tanggapan, fungsi, struktur, dan contohnya
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Sri Rahayu, Guru SMPN 13 Balikpapan, Kalimantan Timur

 

KOMPAS.com - Teks tanggapan disebut juga sebagai teks tanggapan kritis. Teks tanggapan adalah teks tentang pendapat seseorang.

Pendapat yang disampaikan, umumnya berupa kritikan, sanggahan, atau pujian terhadap sesuatu hal. Contohnya karya seseorang, fenomena lingkungan, peristiwa, dan lain-lain.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain itu, teks tanggapan dibuat untuk menanngapi teks berupa karya sastra, berita, artikel, film, dan karya pertunjukan. 

Teks tanggapan memberi pandangan terhadap suatu hal, baik mendukung atau menolak dengan disertai argumen yang obyektif, sopan, logis, dan jelas. Informasi yang terkandung dalam teks ini menjadi saran yang membangun.

Baca juga: Ciri Kebahasaan Teks Tanggapan

Fungsi teks tanggapan

Beberarap fungsi teks tanggapan, di antaranya:

Struktur teks tanggapan

Teks tanggapan memiliki tiga struktur, yakni evaluasi, deskripsi dan penegasan. Berikut penjelasannya: 

Evaluasi adalah bagian awal dari teks tanggapan kritis. Evaluasi berisi tentang pernyataan-pernyataan umum yang berhubungan dengan permasalahan yang telah disampaikan penulis.

Deskripsi yaitu bagian yang berisi informasi yang berkaitan dengan alasan yang digunakan untuk mendukung atau menolak suatu pernyataan. Deskripsi teks berada di bagian tengah dari teks tanggapan.

Penegasan merupakan pernyataan yang berisi penegasan ulang atau kesimpulan sekaligus saran terhadap sesuatu yang sudah diputuskan oleh penulis pada teks tanggapan. Hal ini berarti penegasan memuat gambaran umum pendapat penulis tentang suatu persoalan yang ditanggapi.

Baca juga: Contoh Teks Tanggapan Singkat Beserta Strukturnya

Contoh struktur dalam teks tanggapan

Simak contoh struktur teks tanggapan pada narasi di bawah: 

Pengaruh Internet bagi Pelajar

Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan. Salah satu perubahan tersebut yaitu adanya internet. Dalam praktiknya, internet memiliki banyak pengaruh negatif, khususnya pada pelajar.

Keterangan: paragraf ini berisi pernyataan umum tentang permasalahn yang dibahas yakni tentang internet.

Banyak pelajar yang menjadi lupa waktu. Di samping itu banyak penyakit mata diderita pelajar karena menggunakan internet secara tidak sehat. Bahkan, beberapa pelajar terlibat kriminalitas karena secara tidak langsung belajar dari internet.

Di samping dampak negatif tersebut, bagi pelajar juga memiliki manfaat. Internet dapat dimanfaatkan pelajar untuk mencari informasi mengenai pelajaran. Dengan internet pelajar lebih ringan menggali informasi pelajaran. Jika merasa jenuh, pelajar dapat menggunakan internet sebagai hiburan.

Keterangan:  paragraf ini berisi alasan yang digunakan untuk mendukung dan menolak penggunaan internet (pengaruh positif dan negatif internet).

Baca juga: Pengertian Teks Deskripsi dan Teks Tanggapan Deskriptif

  • Penegasan

Untuk itu, penggunaan internet perlu dibatasi dan perlu pengawasan orang tua agar pelajar tidak terjerumus ke dalam hal negatif dan pelajar dapat memanfaatkan internet dengan baik untuk hal-hal yang positif.

Serta tidak melupakan fungsi internet yang sebenarnya hanya menunjang pelajar dalam pencarian informasi mengenai tugas yang diberikan. Dengan demikian, pelajar harus memanfaatkan internet secara sehat.

Jika digunakan secara sehat, internet merupakan salah satu media yang digunakan untuk mencari informasi yang cepat, lengkap, dan detail.

Keterangan: paragraf ini berisi kesimpulan sekaligus saran penulis tentang penggunaan internet.

Dengan memahami struktur teks tanggapan, diharapkan siswa dapat membedakan jenis teks tanggapan dengan teks lainnya. Selain itu, pengetahuan siswa tentang struktur teks tanggapan akan membuat siswa lebih mudah menyusun teks tanggapan.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi