Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teori Asal-usul Kehidupan Menurut Harold Urey

Baca di App
Lihat Foto
lumenlearning.com
Eksperimen Miler-Urey
|
Editor: Silmi Nurul Utami


KOMPAS.com – Banyak konsep asal-usul kehidupan yang dicetuskan oleh para ilmuan, salah satunya Harols Urey.

Konsep yang dikemukakan oleh Harold Urey menyatakan bahwa kehidupan berasal dari zat anorganik yang mengalami perubahan menjadi makromolekul organik.

Latar belakang teori asal-usul kehidupan Harold Urey

Konsep tersebut berawal dari dikemukakannya konsep asal-usul kehidupan oleh seorang ilmuan Rusia bernama Aleksandr Oparin dan seorang ilmuan asal Inggris bernama JBS Haldane.

Oparin-Haldane mengagaskan bahwa kehidupan berasal dari evolusi bertahap dari molekul anorganik ke polimer yang jauh lebih kompleks.

Baca juga: Teori Asal-Usul Kehidupan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harold Urey dan Stanley Miller kemudian melakukan percobaan untuk menguji gagasan Oparin-Haldane tersebut. Percobaan yang dilakukan Urey-Miller adalah percobaan yang sederhana.

Dilansir dari Smithsonian Magazine, mereka mencampurkan amonia (NH3), metana (CH4), dan hidrogen (H2) ke dalam air (H2O) dan memberikan percikan listrik untuk mensimulasikan petir.

Campuran amonia, metana, hidrogen, dan air adalah faktor abiotik yang diperkirakan Miller dan Urey sebagai kondisi awal atmosfer bumi sebelum terjadinya kehidupan. Adapun petir, diperkirakan sebagai faktor pemicu terbentuknya kehidupan di muka bumi.

Setelah percobaan yang panjang, mereka menemukan bahwa air tersebut berubah menjadi merah tua. Menandakan terbentuknya molekul organik.

Baca juga: Teori Abiogenesis

Dilansir dari Khan Academy, Miller dan Urey menemukan bahwa berbagai jenis asam amino, gula, lipid, dan molekul organik lainnya telah terbentuk dalam campuran air tersebut.

Miller dan Urey tidak menemukan molekul organik kompleks seperti DNA maupun protein.

Namun, percobaan tersebut telah menunjukkan bahwa asal-usul kehidupan terbentuk dari molekul organik yang terbentuk secara spontan dari molekul anorganik yang jauh lebih sederhana.

Percobaan Miller dan Urey menunjukkan bagaimana kehidupan dibangun dari unsur-unsur abiotik pada kondisi awal bumi. Namun, teori ini masih menyisakan banyak pertanyaan tentang bagaimana molekul organik yang lebih kompleks terbentuk.

Belum lagi, kondisi awal bumi yang diperkirakan Miller Urey menadapat bantahan dari banyak ilmuan. Para ilmuan modern memperkirakan bahwa pada kondisi awal, atmosfer bumi tidak kaya akan gas amonia dan metana seperti yang diperkirakan Urey.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi