Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Pameran Permanen?

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Pack-Shot
Atelier des Lumieres, pameran seni di Paris
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Pameran adalah kegiatan yang ditujukan untuk memamerkan hasil karya seni, seperti lukisan, foto, patung, ukiran, atau lainnya.

Jenis pameran sangatlah beragam. Pembagian jenis ini didasarkan pada sejumlah hal, seperti jumlah peserta, sifatnya, ragam karya yang dipamerkan, lokasinya, dan jenis dimensinya.

Dikutip dari buku Manajemen Event (2020) karya Sa'diyah El Adawiyah, jenis pameran berdasarkan sifatnya dibagi menjadi tiga, yakni pameran insidental, pameran rutin, serta pameran permanen.

Pameran insidental adalah penyelenggaraan pameran secara berkala, yang didasarkan pada kebutuhannya. Sementara pameran rutin adalah pameran yang diadakan pada periode tertentu secara tetap dan berkelanjutan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu, bagaimana dengan pameran permanen?

Pengertian pameran permanen

Pameran yang dilakukan secara terbuka dan terus-menerus merupakan pameran permanen. Karena jenis pameran ini memiliki tempo atau waktu tidak terbatas.

Baca juga: Pameran: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsi

Dilansir dari buku 4 Langkah Mudah Menulis Best Practice (2021) oleh Rani Nurhayati, pameran permanen juga bisa diartikan sebagai pelaksanaan pameran di tempat yang tetap, dan dibuka untuk waktu yang telah ditentukan.

Jika dibandingkan dengan pameran insidental dan rutin, pameran permanen memang diadakan untuk waktu yang sangat lama, bahkan tidak terbatas.

Tujuan pameran permanen

Biasanya pameran permanen diselenggarakan oleh museum, galeri, kolektor seni, maupun lembaga tertentu yang memiliki hasil karya seni.

Menurut Mikke Susanto dalam buku Menimbang Ruang Menata Rupa (2004), pameran permanen tidak dirancang untuk tujuan yang spesifik.

Pameran permanen kerap kali ditujukan untuk kepentingan promosi. Misalnya, kolektor seni mengadakan pameran permanen untuk memberi tahu kekayaannya ke publik.

Jadi, jenis pameran ini lebih mengarah pada kepentingan subyek penyelenggara pamerannya, dan bukan pada hasil karya seni itu. Walau, ada juga pameran permanen yang diadakan untuk menunjukkan nilai dari hasil karya seninya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi