Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menunjukkan Kebanggaan Kita sebagai Warga Negara Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
Aloysius Jarot Nugroho
Sejumlah siswa mengikuti Kirab 76 Bendera Merah Putih di Bugel, Krakitan, Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (14/8/2021). Kirab dan memasang sebanyak 76 bendera Merah Putih yang diikuti siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama tersebut bertujuan untuk menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia serta menanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Rasa bangga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) hendaknya ditunjukkan lewat sikap dan tindakan nyata.

Dikutip dari buku Ensiklopedia Keragaman Budaya (2019) karya Nurul Akhmad, jika seseorang memiliki rasa bangga sebagai warga negara Indonesia, orang tersebut akan berupaya keras membanggakan negara dan bangsa Indonesia.

Bagaimana caramu menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara indonesia?

Caraku menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia ialah menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia, selalu menjaga kebersihan fasilitas umum, tidak malu menggunakan produk dalam negeri, serta berupaya mengembangkan sikap dan karakter sesuai nilai Pancasila.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Rajin belajar

Dilansir dari Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN dan Pancasila (2020) karangan Ni Putu Candra Prastya Dewi, rajin belajar adalah salah satu cara menunjukkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia.

Karena dengan rajin belajar, nantinya seseorang bisa berkontribusi untuk membangun bangsa yang hebat, besar, dan bermartabat.

Baca juga: Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Membeli dan menggunakan produk dalam negeri

Kemauan untuk membeli dan menggunakan produk dalam negeri, berarti kita bangga dan mencintai bangsa Indonesia.

Selain menunjukkan rasa bangga, membeli dan menggunakan produk dalam negeri turut membantu pengusaha lokal untuk terus bertahan, serta meningkatkan kualitas produknya agar mampu bersaing.

Menjunjung tinggi kebudayaan

Indonesia dikenal kaya akan kebudayaannya. Menjunjung tinggi kebudayaan nasional berarti kita menunjukkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia.

Contohnya, menggunakan pakaian tradisional khas daerah masing-masing dalam peringatan hari nasional, memakai batik, dan mempelajari kebudayaan Indonesia.

Mengembangkan sikap dan karakter sesuai Pancasila

Mengembangkan sikap dan karakter sesuai nilai-nilai yang dikandung Pancasila juga sangat penting dilakukan.

Misal, menjaga toleransi antarumat beragama, mengutamakan persatuan dan kesatuan, bermusyawarah untuk mencapai kata mufakat, bersikap adil, dan selalu menghormati orang lain.

Baca juga: Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara Indonesia

Merawat fasilitas umum

Menjaga dan merawat fasilitas umum juga bisa menjadi salah satu upaya menunjukkan rasa bangga kita sebagai warga negara Indonesia.

Contoh, menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas umum. Dengan merawat dan menjaga fasilitas umum, berarti kita menghargai dan menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi