Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Masyarakat: Pengertian, Tugas, Peran, dan Tujuannya

Baca di App
Lihat Foto
Freepik.com/Freepik
Ilustrasi humas
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Hubungan masyarakat (public relation) atau bisa disingkat dengan humas, adalah suatu kegiatan komunikasi dari organisasi atau perusahaan kepada publik.

Dilansir dari buku Manajemen Public Relations (1994), Rhenald Kasali berpendapat bahwa humas adalah fungsi manajemen yang melakukan evaluasi terhadap sikap-sikap publik, mengidetifikasi kebijakan dan prosedur seseorang atau sebuah perusahaan terhadap publiknya.

Selain itu, tugas seorang humas yakni menyusun rencana serta menjalankan program-program komunikasi untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan publik.

Menurut James Grunig dan Todd Hunt pada buku Managing Public Relations (1984), humas merupakan kegiatan manajemen komunikasi antara sebuah organisasi dengan berbagai macam publik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 4 Peran Humas dalam Organisasi

Peran humas

Dikutip dari buku Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi (2005) oleh Rosady Ruslan, menyebutkan beberapa peran dari humas sebagai berikut:

Tugas humas 

Disadur dari buku Manajemen Public Relations (2008) oleh Morissan, pekerjaan atau tugas humas mencakup hal-hal sebagai berikut: 

Humas memiliki kaitan erat dengan opini publik 

Praktisi humas berupaya untuk memengaruhi publik agar memberikan opini positif kepada orgaisasi.

Di sisi lain, humas juga berupaya mengumoukan informasi dari publik, menginterpretasikan informasi tersebut, dan melaporkan kepada manajemen. 

Terkadang informasi yang didapat dari khalayakbanyak, dapat berpengaruh terhadap keputusan manajemen. 

Baca juga: Apa yang Dimaksud Publik Internal dan Eksternal Humas?

Humas memiliki kaitan erat dengan komunikasi 

Praktisi humas bertanggung jawan menjelaskan tindakan perusahaan kepada publik yang berkepentingan dengan organisasi atau perusahaan. 

Praktisi humas harus memberikan oerhatian terhadap pikiran dan perasaan khalayak terhadap organisasi. Humas harus menjadi saluran aur bolak-balik antara organisasi dan khalayak. 

Secara umum, khalayak huams terbagi menjadi dua, yaitu: 

Humas merupakan fungsi manajemen 

Humas membantu manajemen dalam meetapkan tujuan yang ingin dicapai dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang berubah 

Humas secara rutin memberikan saran kepada manajemen. Selain itu, humas juga memiliki kegiatan yang terencana untuk mencapai tujuan tertentu. 

Tujuan humas

Disadur dari buku Dasar-Dasar Humas (2002), Frida Kusumastuti menyebutkan beberapa tujuan humas, sebagai berikut:

Aspek kognisi 

Aspek kognisi dalam humas artinya membentuk dan memelihara sikap saling pengertian. Dengan adanya humas, membuat publik dan organisasi bisa mengenal dalam hal kebutuhan, harapan, kepentingan, atau budaya masing-masing. 

Untuk mewujudkan aspek kognisi, dibutuhkan sifat komunikasi humas yang informatif. 

Baca juga: Tugas Pokok Humas dan Ruang Lingkup Pekerjaannya

Aspek afeksi

Aspek afeksi berhubungan dengan menjaga dan membentuk sikap saling percaya. Tujuan ini bersifat emosional, karena humas harus menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap organisasinya. 

Untuk mewjudkan aspek afeksi, humas wajib menggunakan prinsp komunikasi persuasif untuk memengaruhi sisi emosional masyarakat. 

Aspel prikomotoris

Artinya seorang humas harus memelihara dan menciptakan kerja sama. Dalam menjalin komunikasi, terbentuk bantuan dan kerja sama yang terwujud dengan perilaku atau tindakan. 

Dari ketiga tujuan di atas, keberadaan humas bertujuan untuk menciptkan citra dan reputasi organisasi yang baik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi