Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuntansi Keuangan Menengah: Bahasa Bisnis dan Alokasi Sumber Daya

Baca di App
Lihat Foto
Vera
Akuntansi Keuangan Menengah: Bahasa Bisnis dan Alokasi Sumber Daya
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Akuntansi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai laporan keuangan suatu perusahaan atau entitas.

Uang dalam dunia bisnis suatu perusahaan adalah tujuan yang dicapai sehingga disinilah letak pentingnya akuntansi bagi perusahaan. 

Dalam buku Akuntansi Keuangan Menengah (2018) oleh Dwi Martani, akuntansi merangkum transaksi yang terjadi dalam sebuah entitas kemudian memproses dan menyajikan dalam bentuk laporan yang diberikan kepada para pengguna.

Transaksi merupakan kejadian dalam entitas yang memengaruhi posisi keuangan, sehingga fokus akuntansi pada informasi keuangan. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuntansi dalam bahasa bisnis

Akuntansi tidak hanya berguna bagi perusahaan berbisnis tetapi semua entitas membutuhkan akuntansi. Ada banyak konsekuensi apabila suatu entitas tidak memiliki laporan akuntansi.

Dari segi entitas, kita tidak tahu kemana perusahaan akan berjalan dan sudah ditahap status apa perusahaan selama berjalan, entah rugi atau punya keuntungan.

Sedangkan, dari segi pemakai akan merasa ragu apakah entitas tersebut benar asli atau hanya entitas bodong (penipu). 

Baca juga: Kumpulan Soal Kombinasi Bisnis Akuntansi Keuangan Lanjutan 1

Hal-hal penting akuntansi 

Empat hal penting dalam pengertian akuntansi sebagai berikut: 

Input dalam akuntansi artinya memasukkan transaksi ke dalam pencatatan buku apabila transaksi tersebut terdapat buktinya. 

Kegiatan dari awal hingga menuju tahap akhir sebuah laporan keuangan. Perlu diketahui bahwa dalam proses ini tidak hanya pencatatan saja melainkan juga menggolongkan dan ikhtisar sebuah transaksi. 

Hasil akhirnya dari input dan proses adalah laporan keuangan seperti laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan ekuitas, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan catatan laporan keuangan. 

Pengguna informasi adalah pihak pemakai laporan keuangan. Pihak ini terbagi menjadi dua, yaitu internal (manajemen dan karyawan) dan eksternal (pelanggan, kreditor, pemasok, badan pemerintah, serta public interest group. 

Teknologi akuntansi

Akuntansi suatu perusahaan bisnis di zaman sekarang semakin hari semakin maju. Teknologi yang digunakan sudah menggunakan sistem tidak lagi secara manual. Sistem yang seringkali dikenal yaitu enterprise resources management (ERM). 

Teknologi akuntansi ini membuat pekerjaan akuntansi semakin cepat dan bisa dilakukan dalam lokasi jauh sekalipun. Adanya perubahan ini, akuntan semakin dituntut untuk melek teknologi.

Bahkan, perusahaan sekarang tidak melihat latar belakang seorang pelamar tetapi yang dilihatnya adalah keterampilan pengoperasian teknologi dalam akuntansi. 

Tujuan laporan keuangan PSAK 1 (Revisi 2009) adalah memberikan informasi mengenai posisi laporan keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas yang bermanfaat.

Laporan keuangan yang dimaksud adalah laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan catatan laporan keuangan. 

Baca juga: Kombinasi Bisnis Akuntansi Keuangan Lanjutan

Akuntansi dalam alokasi sumber daya 

Ekonomi merupakan penggerak kehidupan manusia. Setiap harinya pasti manusia melakukan kegiatan ekonomi seperti jual beli. Dalam dunia bisnis dalam perusahaan, investor dan kreditor adalah pemilik sumber daya.

Informasi akuntansi dalam hal ini membantu seorang investor untuk mendapatkan laba yang tinggi. Sedangkan, bagi kreditor informasi ini membantu penyaluran dana sehingga bisa didapatkan imbalan bunga. 

Informasi keuangan membantu memberikan gambaran tentang apa yang sedang terjadi dan prediksi di masa mendatang. Informasi keuangan juga membantu manajemen, kreditor, dan investor dalam membuat keputusan dan penilaian mengenai perusahaan. 

Oleh karena itu, informasi akuntansi yang dibuat dan disajikan harus berkualitas sesuai aturan yang berlaku. Apabila informasi yang disajikan tidak berkualitas memungkinkan timbulnya moral hazard bagi pihak yang berakibat merugikan pihak lain. 

Laporan keuangan yang baik dan relevan bisa dihasilkan apabila akuntan yang mengerjakannya memenuhi standar akuntansi. Satandar akuntansi ini dapat terpenuhi jika sesuai rnagka konseptual. 

Baca juga: Karateristik Akuntansi Manajemen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi