Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Pekerja Jasa?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Guru memberikan materi pelajaran kepada murid saat uji coba pembelajaran tatap muka pada hari pertama di SDN 03 Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (7/4/2021). Pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayah PPKM level 3 Jawa-Bali masih mengacu Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 dengan menggelar PTM terbatas dengan jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas ruang kelas dan pembelajaran jarak jauh (PJJ).
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Jasa adalah produk yang tidak berwujud. Dikatakan demikian karena tidak ada barang yang diperjualbelikan secara nyata.

Sama pentingnya seperti barang yang berwujud, jasa juga sangat penting bagi manusia. Jika tidak ada pelayanan atau jasa, kebutuhan manusia tidak akan terpenuhi.

Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya!

Pekerja jasa adalah orang-orang yang memberi pelayanan kepada orang lain, sesuai keahlian dan keterampilan yang dimilikinya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh pekerja jasa adalah dokter, guru, penjahit, arsitek, dan masih banyak lagi.

Agar lebih memahaminya, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Pengertian pekerja jasa

Pengertian pekerja jasa bisa dipahami dari kata 'pekerja' dan 'jasa'.

Dikutip dari jurnal Peran Serikat Pekerja dalam Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja (2013) oleh Tanti Kirana Utami, pekerja adalah tiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan.

Baca juga: Contoh Kegiatan Jual Beli Terkait Barang dan Jasa di Lingkungan Sekitar

Sementara pengertian jasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perbuatan yang memberikan segala sesuatu yang diperlukan orang lain.

Jasa juga bisa diartikan sebagai aktivitas, kemudahan, manfaat, dan sebagainya yang bisa dijual kepada orang lain, dalam hal ini konsumen, yang menggunakan atau menikmatinya.

Dengan demikian, pekerja jasa adalah orang yang bekerja dengan memberikan segala sesuatu yang diperlukan orang lain, baik berupa aktivitas, kemudahan, atau manfaat, dan menerima upah atau imbalan atas hasil kerjanya tersebut.

Contoh pekerja jasa

Dilansir dari buku Sosiologi Industri dan Pekerjaan (2021) karya Antonius Purwanto, beberapa contoh pekerja jasa adalah penyemir sepatu, tukang potong rambut, dan jasa perbaikan peralatan rumah tangga.

Selain itu, contoh pekerja jasa lainnya adalah:

Dokter menggunakan ilmu yang dipelajari dan dimilikinya untuk mengobati dan menyembuhkan pasien yang sakit. Beberapa jasa yang diberikan dokter adalah perawatan dan pemberian informasi mengenai penyakit.

Pengajaran dan penyaluran ilmu merupakan bentuk jasa yang diberikan guru kepada siswa.

Baca juga: Apa Maksud dari Produksi dan Produsen?

Beberapa jasa yang diberikan penjahit adalah keterampilan menjahit baju supaya terlihat bagus dan bisa digunakan orang lain.

Jasa yang diberikan seorang arsitek adalah keahliannya dalam merancang serta menggambar bangunan, seperti gedung, rumah, jembatan, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi