Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato Persuasif: Pengertian, Ciri-ciri, Tahapan, dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi pidato persuasif
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Nolilita, Guru SMPN Binaan Khusus, Kota Dumai, Riau

 

KOMPAS.com - Pidato persuasif adalah salah satu jenis pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian para pendengar, memengaruhi, serta bersifat mengajak atau membujuk para pendengar.

Hal tersebut bertujuan agar mereka menjadi yakin dan mau mengambil tindakan bahkan melakukan sesuai dengan tujuan pidato tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi pidato persuasif harus berlandaskan pada argumentasi yang nalar, logis, masuk akal, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Tujuan pidato persuasif yaitu mengajak dan menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

Pidato persuasif merupakan salah satu cara efektif yang dapat digunakan untuk menggerakkan masyarakat untuk berbuat yang lebih baik dan lebih kreatif.

Seringkali pada acara-acara tertentu kita banyak menemui pidato persuasif yang dilakukan kepada khalayak umum.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Ajakan Ikut Vaksinasi

Ciri-ciri kebahasaan pidato persuasif

Berikut ciri-ciri kebahasaan pidato persuasif, adalah: 

Seperti yang kita ketahui, pada umumnya dalam menyampaikan pidato persuasif ini dibutuhkan aspek kemampuan berbicara. Selain itu juga dibutuhkan seni merangkai kata yang tepat sehingga apa yang disampaikan orang yang berpidato bisa tersampaikan dengan baik.

Tahapan pidato persuasif

Adapun dalam menuangkan gagasan, pikiran, arahan, ataupun pesan dalam pidato persuasif ini setidaknya harus melakukan dua tahapan, antara lain :

Menyusun teks pidato

Setelah melakukan pendekatan dengan tepat terhadap audiensnya, maka tentukan hal-hal utama yang akan disampaikan dalam pidato tersebut. Pikiran utama yang harus dibuat setidaknya berkisar tiga hingga empat.

Langkah-langkah menyusun teks pidato persuasif, yaitu:

Baca juga: 4 Metode Pidato

Struktur isi pidato persuasif

Struktur dari isi pidato persuasif sebagi berikut: 

Berupa pendapat atau pendirian yang diambil penulis terhadap suatu persoalan berdasarkan sudut padang dari pembicara pidato.

Berupa argumen-argumen yang logis dibuktikan dengan alasan, contoh-contoh, bukti pakar dan informasi yang kuat sehingga meyakinkan pendengar.

  • Tahap penguatan pernyataan posisi

Berupa simpulan berdasarkan argumen yang telah disajikan memperkuat penyataan posisi.

Contoh teks pidato persuasif

Berikut ini contoh teks pidato persuasif lengkap beserta strukturnya, yakni:

Melatih Disiplin di Era Revolusi Industri 4.0

Pembukaan

Selamat siang, salam sejahtera dan semoga kita semua tetap dilindungi di masa yang sulit ini. Hadirin sekalian, pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sebuah pesan singkat untuk membawa potensi diri kita semua ke tahap yang lebih baik.

Isi pernyataan posisi

Apa suatu hal yang dapat benar-benar mengeluarkan potensi kita itu? Hal tersebut bukan lain adalah disiplin. Ya, disiplin dalam arti sederhananya, yakni mampu menjaga konsistensi dan konsekuen terhadap kewajiban apa yang hendak dan sedang kita lakukan. Kita sebagai civitas sekolah sudah sepatutnya menanamkan disiplin diri yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari termasuk kegiatan pembelajaran.

Baca juga: 7 Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif

Isi tahap argumen

Tanpa disiplin, seseorang yang pintar dan luar biasa cerdas pun tidak akan mampu mengeluarkan potensi dirinya. Ia tidak dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, apalagi untuk orang lain.

Mengapa? Karena proses kreatif itu membutuhkan disiplin yang tinggi. Jika seseorang tidak secara disiplin mengerjakan pekerjaannya, pekerjaan itu tidak akan pernah selesai.

Kurangnya disiplin diri juga akan menghambat suatu pekerjaan menjadi lebih lambat. Artinya, pekerjaan tak kunjung selesai karena tidak adanya konsistensi pengerjaan yang akan segera membuatnya selesai.

Di era revolusi industri 4.0 yang serba cepat ini, kurangnya disiplin mengancam seseorang untuk tidak dapat bertahan melawan arus lalu lintas pekerjaan yang begitu cepat ini.

Disiplin juga merupakan fondasi utama kompetensi seseorang. Mengapa? Karena disiplin adalah satu di antara bagian dari soft skill yang merupakan penentu sukses atau tidaknya seseorang di dalam kehidupan.

Penguatan pernyataan posisi

Dengan demikian, melatih disiplin diri merupakan aspek penting yang tidak boleh terlewatkan bagi kita semua. Disiplin adalah kunci sukses kehidupan kita dalam segi atau dimensi apa pun, tanpa terkecuali. Memang menjaga kedisiplinan itu bukan hal yang mudah dan bisa menjadi berat. Namun, Mario Teguh, motivator Indonesia, pernah berkata bahwa penderitaan karena disiplin lebih baik daripada penderitaan karena penyesalan.

Penutup

Demikian pesan yang ingin saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita semua dapat terus menjaga dan berlatih secara berkelanjutan agar dapat menjadi individu yang disiplin. Terima kasih atas perhatiannya.

Baca juga: Struktur Teks Pidato Persuasif dan Kaidah Kebahasaannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi