Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Geostrategi Indonesia dan Ketahanan Nasional

Baca di App
Lihat Foto
Vera
Geostrategi Indonesia: Pengertian dan Ketahanan Nasional
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Geostrategi adalah upaya memepertahankan kehidupan, eksistensi, dan mewujudkan cita-cita dengan memiliki pemahaman tentang geopolitik dan implementasinya.

Pengertian geostrategi

Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi  (2016) oleh Kaelan, geostrategi diartikan sebagai metode atau aturan-aturan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan melalui proses pembangunan yang memberikan arahan.  

Arahan yang dimaksud yaitu bagaimana membuat strategi pembangunan dan keputusan yang terukur dan terimajinasi guna mewujudkan masa depan yang lebih baik, lebih aman, dan bermartabat. 

Pada pembukaan Undang-Undang Dasar RI 1945 alenia III menjadi landasan fundamental geostrategi Indonesia. Fundamental Indonesia dalam Ilmu hukum disebut sebagai staatsfundamental norm. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi dari UUD 1945 alinea III, yaitu:

"Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa."  

Geostrategi Indonesia berkembang dan sangat erat dengan hakikat terbentuknya negara dari berbagai macam suku, etnis, ras, golongan, agama, dan bahkan teritorial

Proses pembentukan bangsa Indonesia adalah proses monopluralis. Maksudnya, manusia terdiri dari berbagai unsur tetapi merupakan satu kesatuan utuh. 

Baca juga: Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Bela Negara

Prinsip-prinsip nasionalisme dalam geostrategi

Dilansir dari buku Nasionalisme dalam Dinamika Ketahanan Nasional (2019) oleh Armaidy Armawi, berikut beberapa prinsip nasionalisme: 

Bangsa Indonesia tumbuh dari kesatuan sejarah dimulai dari zaman pra-sejarah, majapahit, sumpah pemuda, proklamasi, hingga membentuk bangsa Indonesia. 

Semua unsur bangsa Indonesia mengalami nasib yang sama yaitu penderitaan akibat penjajahan. 

Banyak ragam budaya yang membentuk satu kesatuan mencapai puncak kebudayaan nasional Indonesia. 

Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai unsur berbentuk pulau dan lautan yang merupakan satu kesatuan wilayah tumpah darah negara dan bangsa Indonesia. 

Terdapat kesatuan ide, tujua, dan cita-cita dalam dasar filosofis negara Indonesia pancasila. 

Geostrategis dijadikan sebagai suatu cara memanfaatkan konstelasi geografi negara Indonesia. geostrategis ini diperlukan dan dikembangkan untuk mewujudkan dan mempertahankan integritas bangsa dan wilayah tumpah darah negara Indonesia, mengingatkan kemajemukan bangsa dan sifat khas. 

Baca juga: Hakikat dan Latar Belakang Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Ketahanan nasional

Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa, yang berisi keuletan dan ketangguhan.

Mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan baik dari luar maupun dalam negeri. 

Bangsa Indonesia membangun ketahanan nasional di atas falsafah bangsa yaitu Pancasila. Di dalam pancasila terkandung nilai-nilai yang telah hidup dan berkembang dalam kehidupan obyektif bangsa Indonesia sebelum membentuk persekutuan bangsa. 

Konsep ketahan nasional

Ketahanan adalah kekuatan yang membuat bangsa dapat bertahan menghadapi ancaman, gangguan, dan tantangan. Ketahanan nasional ini dilatarbelakangi oleh: 

  • Kekuatan yang ada di suatu bangsa dan negara sehingga mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. 
  • Kekuatan yang dimiliki mampu mempetahankan kelangsungan hidup meskipun mengalami gangguan, hambatan, dan ancaman. 
  • Ketahanan atau kemampuan untuk berjaya, mengandung keteraturan dan stabilitas dalam potensi terjadinya perubahan.

Tantangan adalah sesuatu yang menggugah kemampuan. Hambatan merupakan  kendala yang sifatnya melemahkan yang bersifat konseptual dalam diri sendiri. Sedangkan, gangguan yaitu berasal dari luar. 

Baca juga: 4 Asas Kewarganegaraan di Indonesia beserta Penjelasannya

SIfat-sifat ketahanan nasional

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sifat-sifat dasar ketahanan nasional sebagai berikut: 

  • Integratif, aspek kehidupan bangsa dengan lingkungan sosial, alam, dan saling mengadakan penyesuaian selaras dan serasi. 
  • Mawas ke dalam, diarahkan ke bangsa dan negraa sendiri untuk mewujudkan hakikat dan sifat nasionalnya.
  • Menciptakan kewibawaan, pandangan yang sifatnya integratif mewujudkan kewibawaan nasional dan detterent effect yang harus diperhitungkan. 
  • Berubah menurut waktu, ketahanan sifatnya tidak tetap, tetapi dinamis. 
Aspek-aspek ketahanan Nasional

Ketahanan nasional harus diwujudkan dengan mempergunakan baik pendekatan kesejahteraan maupun pendekatan keamanan. Kehidupan nasional terbagi menjadi beberapa aspek sebagai berikut:

  • Aspek alamiah, yaitu letak geografis, keadaan dan kekayaan alam, keadaan dan kemampuan penduduk. 
  • Aspek kemasyarakatan, seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam, pertahanan dan keamanan. 

Unsur alamiah tersebut sering disebut sebagai Tri Gatra. Sedangkan, aspek kemasyarakatan  disebut dengan Panca Gatra. Semua aspek adalah satu kesatuan sehingga senantiasa berhubungan erat. 

Baca juga: Pengertian Kewarganegaraan secara Yuridis dan Sosiologis

Ketahanan nasional sebagai kondisi

Kondisi ketahanan nasional bangsa Indonesia adalah dinamis. Kondisi ini mampu menyusun kekuatan ang dimiliki bangsa Indonesia untuk mengatasi dan menanggulangi ancaman yang ditujukan bangsa Indonesia.

Ancaman yang diterima dapat berupa subversi dan infiltrasi semua bidang kehidupan masyarakat serta kelemahan-kelemahan inheren suatu masyarakat majemuk. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: KBBI
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi