Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor: Pengertian dan Proses Terjadinya

Baca di App
Lihat Foto
succo
Ilustrasi Rumor
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dalam semua bidang, komunikasi menjadi komponen penting dalam menyampaikan informasi maupun pendapat dari satu pihak ke pihak lain. Namun, tidak jarang, kesalahpahaman atau perbedaan menjadi cikal bakal terjadinya penyebaran rumor.

Alasan lainnya, bisa saja penyampaian informasi yang meleset membuat orang lain menjadi salah tangkap dan mulai menyebarkan informasi yang dia tangkap.

Pengertian rumor

Dikutip dari buku Komunikasi Organisasi Kontemporer (2021) oleh Budi, rumor berawal dari perbedaan pendapat, fakta, dan evaluasi atau menimbulkan konsekuensi dari sebuah tindakan dalam negosiasi pribadi maupun suatu kelompok yang tidak berjalan dengan lancar.

Ada pengertian rumor yang lebih sederhana dari buku Risk Issues and Crisis Management (2005) oleh dua peneliti bernama Regester dan Larkin, rumor adalah berbagai macam informasi yang asalnya tidak jelas dan tidak ada yang tahu siapa yang menyebarkannya pertama kali. Bahkan informasi itu tidak mengandung fakta atau kebenaran sama sekali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Apa Saja Jenis Komunikasi Nonverbal?

Jenis rumor

Berikut beberapa jenis rumor, sebagai berikut: 

Rumor berdasarkan sumbernya 

Berdasarkan sumber terjadinya rumor, ada dua jenis klasifikasi, yaitu:

Rumor yang berasal dari lingkungan internal seperti organisasi, perusahaan, atau kelompok lainnya. Biasanya hanya beredar di dalam lingkungan itu saja.

Rumor yang berasal dari suatu peristiwa atau kejadian di publik dan memiliki kaitannya terhadap suatu kelompok seperti organisasi atau perusahaan. Biasanya, rumor ini perlahan berkembang dari satu lingkungan ke lingkungan lain.

Rumor berdasarkan aspek keluasannya

Ada rumor yang dijabarkan berdasarkan aspek keluasannya, terbagi menjadi:

Rumor yang tersebar secara meluas dan memengaruhi suatu kelompok secara langsung dan umum, tetapi bisa saja memengaruhi suatu pihak secara personal.

Rumor ini tidak banyak memengaruhi seperti rumor universal dan bersifat potensial karena rumor ini disebarkan oleh suatu kelompok yang mengaku kalau mereka mewakili suara publik.

Rumor ini hanya ditujukan pada kelompok tertentu saja. Namun, bisa saja, rumor ini sengaja disebarluaskan demi kepentingan umum, tetapi yang terdampak hanya kelompok tertentu saja.

Rumor ini hanya terjadi di antara beberapa pihak saja dan tidak tersebar sampai publik.

Baca juga: Mengapa Bahasa Merupakan Alat Komunikasi yang Penting?

Terjadinya rumor 

Terdapat beberapa penyebab terjadinya rumor. Berikut empat penyebab utama yang memicu terjadinya rumor, yaitu: 

Baca juga: Perbedaan Komunikasi Sinkron dan Asinkron dalam Komunikasi Daring

Cara mengatasi rumor

Agar masyarakat tidak mudah termakan rumor-rumor tersebut, terdapat upaya mengatasi penyebaran rumor, sebagai berikut:

Masyarakat harus lebih cerdas dalam menerima atau mengulik informasi yang didapatnya. Sehingga bisa membedakan informasi tersebut fakta atau sekadar rumor saja. Biar masyarakat tidak termakan rumor yang beredar. 

Baca juga: Komunikasi Daring: Pengertian dan Jenisnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi