Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elitisme: Pengertian, Dampak, dan Contoh

Baca di App
Lihat Foto
Mohamed Hassan
Ilustrasi Elitisme
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dalam suatu kalangan, kita sering menemukan orang-orang yang bersikap seperti mereka mempunyai kualitas atau posisi lebih tinggi daripada lainnya. Sikap ini disebut sebagai elitisme.

Elitisme merupakan sebuah ideologi di mana ada pembagian kalangan yang berdasarkan kualitas dari kemampuan, kecerdasan, maupun keterampilan khusus. Meskipun, tidak jarang berdasarkan dari status seseorang.

Jika kualitas dari suatu kalangan makin tinggi, maka keberadaan mereka makin memengaruhi dan mendominasi kalangan yang berada di bawah mereka.

Berdasarkan dari buku Concepts and Theories of Modern Democracy (2002) oleh Anthony Harold Birch, ideologi ini bersifat homogen karena dalam satu kalangan, anggotanya memiliki kesamaan dalam latar belakang atau tujuan yang sama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biasanya, mereka yang disebut sebagai elite, jika memiliki kualitas kemampuan yang lebih dominan atau relatif kekuasaannya lebih kuat daripada lainnya.

Baca juga: Pranata Sosial: Pengertian, Unsur, Fungsi, dan Macamnya

Dampak elitisme

Adanya ideologi elitisme menyebabkan kesenjangan sosial di masyarakat umum karena banyaknya perbedaan.

Jika kalangan elite ini lebih bersifat homogen, maka masyarakat umum lebih ke heterogen. Artinya, banyak perbedaan dalam masyarakat umum, tetapi tetap setara atau menerima satu sama lain.

Kesenjangan sosial yang dirasakan oleh masyarakat umum berasal dari para kalangan elite yang mendominasi atau bersikap kurang acuh.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial Budaya di Masyarakat

Contoh Elitisme

Ideologi elitisme ini bisa kita temui dalam berbagai macam permasalahan dan sikap masyarakat di Indonesia, seperti:

Bisa disimpulkan kalau ideologi ini bukan hal baru terjadi di Indonesia karena masih banyak orang yang menanamkan ideologi ini secara langsung maupun tidak langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi