Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Bentuk 3 Dimensi

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Bentuk 3 dimensi bola, kubus, dan juga kerucut
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Balok, kubus, bola, piramida, dan limas adalah contoh dari bentuk 3 dimensi. Namun apa saja ciri-ciri bentuk 3 dimensi? Berikut adalah penjelasannya!

Memiliki 3 dimensi

Dilansir dari Cuemath, benda 3 dimensi adalah benda yang memiliki tiga dimensi yaitu dimensi panjang, dimensi lebar, dan juga dimensi tinggi.

Artinya, benda 3 dimensi memiliki 1 dimensi lebih banyak daripada benda 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar.

Memiliki sisi

Ciri-ciri bentuk 3 dimensi selanjutnya adalah memiliki sisi. Sisi adalah bagian permukaan bentuk, baik sisi depan, sisi samping, sisi atas, maupun sisi bawah, berdasarkan bentuk 3 dimensinya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisi bentuk tiga dimensi dapat berupa permukaan datar ataupun permukaan yang melengkung seperti pada bola dan tabung.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Ruang

Memiliki tepi atau rusuk

Dilansir dari BBC, tepi atau rusuk adalah tempat dua sisi bertemu. Tepi atau rusuk membentuk kerangka dari bentuk 3 dimensi dan jumlahnya bergantung pada bentuknya.

Misalnya, bola tidak memiliki rusuk karena hanya memiliki satu sisi melengkung. Namun, kubus memiliki 12 rusuk karena memiliki 6 sisi.

Memiliki sudut

Ciri-ciri bentuk 3 dimensi selanjutnya adalah memiluki sudut. Sudut adalah ujung bentuk 3 dimensi, tempat bertemunya ujung-ujung rusuk dari bentuk.

Jumlah dan besar sudut bergantung pada jenis bentuk 3 dimensinya. Misalnya, piramida memiliki 5 buah sudut yang tidak sama besar. Sedangkan, kubus memiliki 8 buah sudut yang sama besar.

Baca juga: Unsur-unsur Bangun Ruang Bola

Memiliki ruang dan volume

Ciri bentuk 3 dimensi selanjutnya adalah memiliki ruang dan volume. Ruang adalah daerah kosong di dalam bentuk 3 dimensi yang dapat diisi. Sehingg, bentuk 3 dimensi juga kerap disebut sebagai bangun ruang. 

Besar ruang dalam suatu bidang 3 dimensi disebut dengan volume. Dilansir dari Lumen Learning, volume adalah satuan ukur ruang 3 dimensi yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi dalam satuan sentimeter kubik atau metrik.

Dapat dilihat dari segala arah

Berbeda dengan bentuk 2 dimensi yang hanya dapat dilihat dari depan, bentuk 3 dimensi adalah bentuk nyata yang dapat dilihat dari segala arah.

Bentuk 3 dimensi dapat dilihat dari arah depan, belakang, atas, bawah, maupun samping. Dalam berbagai sudut pandang tersebut, bentuk 3 dimesi tetap terlihat sebagai bentuk yang memiliki ruang.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi