Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Surat Lamaran Pekerjaan dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI
Ilustrasi isi surat lamaran pekerjaan dan contohnya
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Surat lamaran pekerjaan adalah surat permohonan yang dibuat pelamar kerja untuk dikirimkan ke perusahaan atau instansi, guna mendapat pekerjaan atau jabatan.

Biasanya surat tersebut berisikan data pribadi pelamar kerja disertai lampiran yang dianggap perlu sebagai bahan pertimbangan instansi atau perusahaan.

Dikutip dari buku Pedoman Lengkap Menulis Surat (2006) oleh Adlan Ali dan Tanzili, menulis surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa yang sopan, jelas, dan tidak bertele-tele.

Sebab, surat lamaran yang terlalu panjang dianggap dapat membuat jenuh orang yang membacanya. Oleh sebab itu, isi surat lamaran pekerjaan hendaknya singkat, padat, akurat, tepat, serta lengkap.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari buku Cara Mudah Menulis Surat Lamaran Kerja (2020) karya M. Handika dkk, isi surat lamaran pekerjaan meliputi bagian yang terdapat dalam surat lamaran dan hal-hal yang memang harus ada dalam surat tersebut.

Baca juga: Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Berdasarkan isinya, surat lamaran pekerjaan terdiri atas paragraf pembuka, isi, dan paragraf penutup. Berikut pemaparannya:

Paragraf pembuka

Bagian isi surat ini berisikan salam, perkenalan singkat, serta pengantar menuju isi surat. Selain itu, jelaskan secara singkat pula dari mana informasi lowongan pekerjaan tersebut didapatkan.

Contoh:

Semarang, 1 Februari 2018

Hal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 1 (satu) lembar curriculum vitae dan portfolio

Yth. HRD PT Abadi Jaya
Banyumanik, Semarang

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari surat kabar Harian Bumi, tanggal 27 Januari 2018, PT Abadi Jaya sedang membuka lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran ini, saya ingin melamar pekerjaan sebagai staff Administrasi di perusahaan Abadi Jaya.

Berikut data diri:

Nama: Stella Marinka
Tempat/tanggal lahir: Semarang, 27 Juni 1996
Jenis kelamin: perempuan
Pendidikan terakhir: Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada
Alamat: Jalan Sentosa No. 78, Semarang
Telepon/HP: 081111122223

Baca juga: Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Isi

Adalah bagian terpenting dalam surat lamaran pekerjaan. Karena pada bagian ini, pembuat surat akan menyampaikan kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya.

Contoh:

Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani. Saya berpengalaman di bidang administrasi lebih 10 tahun, aktif berbahasa Inggris, bisa bekerja secara mandiri maupun dalam tim, dan tidak suka menunda pekerjaan.

Selain itu, saya juga pernah mendapat penghargaan di kantor terdahulu, sebagai staff administrasi terbaik. Beberapa kali saya turut membantu pelatihan di bidang administrasi.

Paragraf penutup

Bagian isi surat ini memuat harapan pembuat surat disertai ucapan terima kasih kepada pihak penerima, yakni perusahaan atau instansi terkait.

Contoh:

Saya ingin mengembangkan karier saya lebih jauh di bidang administrasi. Besar keinginan saya untuk bisa bergabung dengan PT Abadi Jaya.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Semoga segera mendapat tanggapan.
Terima kasih.

Hormat Saya,
Stella Marinka

Baca juga: Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi