Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Hyotographics
Ilustrasi peta Indonesia. Inilah beda wilayah kabupaten dan kota di Indonesia.
|
Editor: Serafica Gischa

 

KOMPAS.com - Pengertian strategi di bidang ideologi adalah strategi untuk mengatasi segala ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang membahayakan kelangsungan hidup Pancasila sebagai dasar filsafat bangsa dan negara. 

Ideologi merupakan konsep fundamental dan aktual dalam sebuah negara. Hampir semua bangsa tidak dapat lepas dari pengaruh ideologi. 

Pancasila merupakan ideologi dari bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup memiliki status yang resmi dan tercantum pada alinea IV Undang-Undang Dasar 1945 Republik Indonesia. 

Dikutip dari situs Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, ancaman di bidang ideologi datang dari dalam maupun luar negeri. Seperti paham radikalisme, adu domba dari pihak asing, dan lain-lain. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ancaman Integrasi Nasional Bidang Ekonomi

Terdapat beberapa strategi untuk menghadapi ancaman di bidang ideologi, yaitu: 

Informasi atau pengetahuan kepada rakyat mengenai pihak asing harus diberikan. Hal ini agar masyarakat tidak mudak percaya terhadap pengaruh asing, terlebih yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Informasi dapat dilakukan melalui seminar, penyuluhan, iklan, dan lain-lain. 

Pemahaman ideologi Pancasila harus dilakukan sejak duduk di bangku sekolah melalui mata pelajaran atau kegiatan lain. Sehingga siswa maupun mahasiswa lebih memahami dan mengerti pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara. 

Pemerintah dapat mengajak pemimpin agama untuk bersama-sama membentengi diri terhadap kemungkinan adanya ancaman bermuatan ideologi. Hal ini karena pemimpin agama memiliki peran sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Berbagai Bentuk Ancaman terhadap Integrasi Nasional

Dilansir dari Buku Ajar Keamanan Nasional (2021) oleh Rodon Pedrason, pertahanan ini menekankan pada pemikiran serta kesadaran berbela negara serta pengembangan teknologi. 

Ancaman ideologi mengarah pada ancaman secara pemikiran atau penyebaran ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi nasional. 

Salah satu hal yang harus dilakukan adalah menumbuhkan bela negara dan memperdalam rasa cinta terhadap negara. 

Pemerintah atau kementerian Indonesia harus bersatu melawan ancaman ideologi Pancasila. Contohnya, rutin mengadakan upacara bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai acara atau aktivitas, dan lain-lain. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi