Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Eccedentesiast?

Baca di App
Lihat Foto
theasianparent.com
eccedentesiast
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Eccedentesiast adalah kondisi kejiwaan seseorang yang gemar menyembunyikan kesedihan di balik senyumnya.

Eccedentesiast adalah istilah bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Latin, yaitu ecce yang berarti persembahkan, dentes yang berati gigi, dan iast yang berarti penghibur.

Eccedentesiast adalah seseorang yang bersembunyi di balik senyuman, ketika yang mereka ingin lakukan hanyalah bersembunyi dan/atau mati.

Sedangkan bila dikutip dari Collins Dictionary, eccedentesiast adalah seseorang yang berpura-pura tersenyum.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Mengenal Komponen Konsep Diri

Ciri-ciri eccedentesiast

Dilansir dari buku Eccedentesiast: The Pain Behind The Smile (2021) oleh Floretta Hectord, terdapat ciri-ciri bila seseorang mengidap eccedentesiast, sebagai berikut:

Seseorang yang mengidap eccedentesiast ingin terlihat bahagia di depan orang lain seolah-olah tidak memiliki beban hidup. Mereka tidak ingin merasa merepotkan orang lain karena kesedihan yang sedang dialaminya.

Seorang eccedentiast lebih sering memilih untuk menyendiri karena tidak ingin orang lain ikut larut dalam kesedihannya. Mereka terlihat mandiri, namun sebenarnya mereka tidak ingin dibantu oleh orang lain dan terlihat lemah

Eccedentesiast hanya banyak berbicara dan bercerita kepada teman yang menurutnya dekat dengannya. Mereka yang bukan teman dekatnya tidak akan tahu bagaimana perasaan sebenarnya dari eccedentesiast.

Seseorang yang mengidap eccedentesiast akan mempengaruhi nafsu makan mereka bahkan sangat drastis. Oleh karena itu, mereka seringkali mengalami perubahan berat badan yang drastis.

Eccedentesiast tidak jarang akan kehilangan minta dengan aktivitas yang sebelumnya sangat mereka nikmati. Hal tersebut dikarenakan perasaan bersalah, tidak dihargai, dan putus asa.

Baca juga: Apa Itu Altruisme?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi