Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Artikel Berdasarkan Tingkat Kesulitannya

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Aldila Daradinanti
Ilustrasi artikel
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Artikel dapat kita jumpai dalam buku pelajaran, koran, media daring, atau dalam tulisan yang sedang kamu baca saat ini.

Tahukah kamu, apa itu artikel?

Artikel adalah rangkaian tulisan berdasarkan fakta atau opini mengenai suatu hal yang dipublikasikan melalui media, baik cetak maupun online. Tujuannya untuk menyampaikan gagasan yang memuat fakta atau opini. 

Menurut Haris Sumadiria dalam buku Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional (2017), secara umum jenis artikel dapat dibagi berdasarkan tingkat kesulitannya.

Ini sangat penting bagi kita untuk melihat dan mengukur kemampuan dalam membuat artikel sesuai bidang pengamatan, pengetahuan, dan keahlian masing-masing.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 5 Jenis Teks Artikel dan Penjelasannya

 

Lalu, apa saja jenis-jenis artikel berdasarkan tingkat kesulitannya?

Artikel praktis

Adalah artikel berbentuk petunjuk praktis untuk melakukan sesuatu, yang ditulis dengan pola kronologis. Artikel ini lebih menekankan pada aspek ketelitian dan keterampilan, daripada masalah pengamatan dan pengembangan pengetahuan serta analisis peristiwa.

Misalnya artikel tentang langkah-langkah membuat nasi goreng, artikel cara menghilangkan bekas jerawat, dan sebagainya.

Artikel ringan

Merupakan jenis artikel yang dikemas dengan gaya panduan informasi dan hiburan.

Artikel ini membahas topik ringan yang mudah dimengerti pembaca. Dalam artian, pembaca tidak perlu melakukan persiapan atau menggunakan perhatian penuh ketika membaca artikel ini.

Misalnya artikel tentang kiat sukses dalam ujian masuk perguruan tinggi, artikel tujuh fakta mengenai negara Indonesia, dan lain-lain.

Baca juga: Artikel: Pengertian dan Fungsinya dalam Media Massa

Artikel halaman opini

Biasa juga disebut kolom.

Jenis artikel ini membahas suatu masalah secara serius dan tuntas, dengan merujuk pada pendekatan analitis akademis. Sehingga sifatnya pun relatif berat.

Artikel opini kerap ditulis oleh mereka yang memiliki latar belakang pendidikan, pengetahuan, keahlian, atau pengalaman di bidangnya masing-masing.

Misalnya artikel opini tentang suatu fenomena sosial yang ditulis oleh seorang pengamat politik.

Artikel analisis isi

Merupakan artikel yang mengupas secara tajam dan mendalam mengenai suatu persoalan yang sedang menjadi sorotan dan pembicaraan hangat di masyarakat.

Artikel ini ditulis oleh ahli atau pakar di bidangnya, dengan menggunakan bahasa populer dan komunikatif.

Baca juga: Perbedaan Berita, Artikel, dan Feature

Tujuan artikel ini ialah mendekatkan pokok masalah yang sedang disorot dalam pemberitaan, sebagai persoalan yang mengandung pertanyaan dengan tinjauan pakar di bidang yang sesuai. Agar dapat memberi penjelasan serta jawaban kepada pembaca.

Dilansir dari buku Menulis Artikel dan Tajuk Rencana, Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis Profesional (2004) Karya AS Haris Sumadiria, melalui artikel ini, pembaca dapat mengikuti jalan pikiran pakar mengenai panduan dan kesimpulan tentang apa yang harus dilakukan.

Misalnya pembahasan tentang fenomena pemanfaatan teknologi dalam sektor pendidikan, yang ditulis oleh pemerhati pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi