Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Gunung Tertinggi di Jawa

Baca di App
Lihat Foto
(ANTARA/HO-PPGA Semeru)
Gunung Semeru kembali luncurkan awan panas guguran yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Minggu (1/5/2022). (ANTARA/HO-PPGA Semeru)
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Gunung dapat terbentuk dari serangkaian proses geologi, salah satunya tabrakan antarlempeng. 

Dalam buku Seri Sains: Gunung (2019) oleh A. Yanuar, gunung adalah bentuk kenampakan permukaan tanah yang lebih tinggi dibandingkan permukaan tanah sekitarnya. 

Indonesia termasuk negara yang memiliki banyak gunung, mulai dari yang masih aktif hingga yang sudah mati. 

Pulau Jawa termasuk pulau di Indonesia yang terkenal dengan banyak gunung dan pemandangan alam yang tiada duanya. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung berapi tertinggi di Jawa adalah Gunung Semeru, di Jawa Timur. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dengan kawah yang bernama Jonggring Saloko. 

Gunung Semeru dikelilingi empat hutan yang masih asri, yakni Dipterokarp Bukit, Dipterokarp Atas, Montane, dan Ericaceous atau hutan gunung.

Curah hujan di Gunung Semeru adalah 927 mm hingga 5.498 mm per tahun. Gunung Semeru juga memiliki danau yang dikenal dengan nama Ranu Kumbolo yang ada di ketinggian 2.389 mdpl. 

Baca juga: Apa Bedanya Gunung dan Bukit?

Berikut 10 gunung tertinggi lainnya di Pulau Jawa: 

Lihat Foto
KOMPAS.COM/Dok. Saiful Amri
Lansekap Gunung Slamet dilihat dari Pos Pendakian Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (23/12/2020).
Gunung Slamet 

Gunung Slamet berada di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.432 mdpl dan termasuk ke dalam tipe gunung berapi kerucut. 

Gunung Slamet berada di lima kabupaten di Jawa Tengah, yakni Banyumas, Tegal, Brebes, Purbalingga, dan Pemalang. 

Gunung Slamet menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. 

Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturaden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Purwokerto. 

Selain itu juga wisata alam pemandian air panas Guci yang berada di sisi utara.

Gunung Sumbing 

Gunung Sumbing sering disebut sebagai kembaran Gunung Sindoro karena bentuknya yang mirip. Gunung Sumbing terletak di barat daya Temanggung dan timur Wonosobo, Jawa Tengah. 

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.340 mdpl. Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sebagian besar wilayah lereng gunung ini telah digunakan untuk lahan pertanian.

Dalam Catatan sejarah Sebelum bernama Gunung Sumbing, gunung ini bernama Gunung sembung. Hal ini berdasar dari Manuskrip Bujangga Manik Ketika dia melewati dataran tinggi Dieng.

Baca juga: Sunan Gunung Jati, Penyebar Islam di Tanah Pasundan

Gunung Arjuno 

Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl yang berbatasan dengan Batu, Malang, dan Pasuruan. Gunung Arjuno terkenal tidak memiliki kawah. 

Terdapat tiga titik pendakian, yakni Lawang, Tretes, dan Batu. Di kawasan Gunung Arjuno terdapat air terjun, salah satunya Air Terjun Kakek Bodo. 

Nama Arjuno berasal dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna.Gunung Arjuno bersebelahan dengan Gunung Welirang, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II

Lihat Foto
Shutterstock/Simona Weber
Gunung Raung, Banyuwangi DOK. Shutterstock/Simona Weber
Gunung Raung 

Gunung Raung terletak di tiga kabupaten di Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Memiliki ketinggian 3.332 mdpl. 

Keunikan Gunung Raung adalah memiliki kaldera dengan kedalaman sekitar 500 meter dan mengeluarkan asap. 

Kaldera adalah lubang besar seperti kuali atau kawah yang sangat besar. Biasnaya terbentuk akibat letusan yang sangat besar. 

Gunung Lawu 

Gunung Lawu termasuk gunung yang populer di antara pendaki di seluruh Indonesia. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl dengan tiga jalur pendakian, yakni Cemoro Kandang, Candi Cetho, dan Cemara Sewu. 

Gunung Lawu terletak di Karanganyar, Ngawi, dan Magetan. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan puncak tertinggi bernama Hargo Dumilah.

Baca juga: Pengaruh Gempa bagi Gunung Api dan Sekitarnya

Gunung Welirang 

Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 mdpl yang berlokasi di perbatasan Malang dan Mojokerto. 

"Welirang" atau Walirang (nama kunanya) dalam bahasa Jawa berarti belerang. Jalur pendakian dapat dilakukan melalui Desa Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Lihat Foto
Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Panorama Gunung Sindoro dilihat dari Gunung Sumbing
Gunung Sindoro 

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.150 mdpl, terletak di Jawa Tengah dengan kota terdekatnya adalah Temanggung.

Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Gunung Sindoro memiliki kawah dengan jurang di sisi barat laut ke selatan bernama Kembang.

Gunung Merbabu 

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl yang terletak di beberapa wilayah, yaitu Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat, Kabupaten Boyolali di lereng timur, dan Kabupaten Semarang di lereng utara. 

Baca juga: 4 Jenis Terbentuknya Gunung beserta Contohnya

Gunung Kembar II

Gunung Kembar II mempunyai ketinggian setinggi 3.126 meter. Pada puncak gunung ini juga terdapat area fumarol. Berada di Jawa Timur, Indonesia, dengan jenis gunung stratovolcano. 

Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo dan terletak pada punggungan yang sama dengan Gunung Kembar I, Gunung Arjuno, dan Gunung Welirang.

Gunung Kembar I

Gunung Kembar I mempunyai ketinggian setinggi 3.058 meter. Gunung Kembar I mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Berada di Kabupaten Malang ,Kabupaten Pasuruan, dan Kota Batu ,Jawa Timur. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi