Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klasifikasi Aves dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI
Berbagai jenis burung anggota aves
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Aves adalah satu kelas pengelompokkan hewan dalam kingdom Animalia. Aves termasuk hewan vertebrata atau bertulang punggung belakang. Apa saja klasifikasi aves dan contoh hewan yang termasuk aves?

Berikut adalah klasifikasi ordo kelas Aves dan contohnya!

Struthioniformes

Struthioniformes adalah ordo aves berupa burung besar (tinggi sekitar 2 meter) yang tidak bisa terbang, memiliki sayap dan kepala yang kecil,bulu tidak bercabang,  dan memiliki kaki kuat dengan dua jari kaki.

Anggota Struthioniformes biasanya adalah omnivora. Contoh aves anggota Struthioniformes adalah rhea dan burung unta.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ciri-ciri dan Klasifikasi Filum Coelenterata

Casuariformes

Casuariformes adalah kelompok aves berupa burung besar (tinggi sekitar 1,7 meter) yang tidak bisa terbang, bulu bercabang, dan memiliki tiga jari kaki.

Contoh aves anggota Casuariformes adalah emu dan burung kasuari.

Apterygiformes

Apterygiformes adalah ordo aves yang memiliki paruh panjang dengan lubang di bagian ujungnya. Apterygiformes memiliki sayap yang kecil atau tidak sama sekali, kaki dengan empat jari, dan leher yang pendek.

Contoh aves anggota Apterygiformes adalah kiwi.

Procellariiformes

Dilansir Biology Online, dari Procellariiformes adalah anggota aves yang tinggal di laut, memiliki paruh berbentuk tabung sempit berlapis, sayap yang panjang dan runcing, serta memiliki ekor bulat yang pendek.

Contoh burung anggota Procellariiformes adalah fulmar, petrel, prion, dan elang laut.

Baca juga: Serangga: Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Ciconiiformes

Ciconiiformes adalah aves dengan kaki, leher, dan paruh yang panjang juga runcing. Ciconiiformes memiliki sayap besar dan ekor yang pendek.

Contoh aves anggota Ciconiiformes adalah flamingo, shoebill, dan bangau.

Charadriiformes

Charadriiformes adalah ordo aves yang beranggotakan 370 spesies, memiliki kaki panjang dan paruh kecil. Contoh aves anggota Charadriiformes adalah camar, sandpiper, dan skimer.

Anseriformes

Anseriformes adaah ordo aves berupa unggas air yang memiliki kaki berselaput, paruh lebar, dan sayap yang runcing juga sempit dengan ekor yang pendek. Contoh aves anggota Anseriformes adalah angsa dan bebek.

Baca juga: Tahukah Kamu, Stabilizer Kamera Terinpirasi dari Kepala Ayam?

Falconiformes

Falconiformes adalah aves predator dengan paruh dan cakar bengkok yang tajam. Burung anggota Falconiformes adalah burung yang kuat dan memiliki pengelihatan tajam.

Contoh burung anggota Falconiformes adalah elang, osprey, condor, dan burung nasar.

Galliformes

Galliformes adalah aves yang tidak bisa terbang, memiliki tubuh besar dengan paruh kecil melengkung, sayap, cakar, dan juga kaki yang pendek namun kuat.

Contoh aves anggota Galliformes adalah ayam, ayam hutan, belibis, kalkun, merak, dan burung puyuh.

Baca juga: Kenapa Bulu Burung Merak Berwarna-warni?

Columbiformes

Columbiformes adalah burung dengan paruh pendek, kepala dan kaki yang kecil, dan sayap panjang yang membuatnya dapat terbang jauh.

Contoh burung anggota Columbiformes adalah merpati, dodo, dan perkutut.

Psittaciformes

Psittaciformes adalah aves dengan warna cerah yang bervariasi dan kicauan yang berisik. Contoh aves anggota Psittaciformes adalah beo, kaktua, lovebird, parkit, kakapo, dan macaw.

Strigiformes

Strigiformes adalah ordo aves yang beranggotakan burung hantu. Strigiformes memiliki kepala yang dapat memutar hingga belakang, aktif di malam hari, memiliki mata dan telinga yang besar, dan dapat terbang dengan sangat senyap.

Baca juga: Mengapa Burung Hantu disebut Burung Hantu?

Coraciiformes

Dilansir dari New Hampshire Public Broadcasting, Coraciiformes adalah aves dengan ukuran kecil hingga sedang, memiliki kepala besar, kaki kecil dengan tiga jari depan, dan berwarna unik.

Contoh burung anggota Coraciiformes adalah hoopoe, motmot, burung pemakan lebah, kingfisher, dan rangkong.

Piciformes

Piciformes adalah kelompok burung dengan lidah panjang dan beranggotakan 450 spesies. Contoh aves anggota Piciformes adalah burung pelatuk, barbet, honeyguide, dan toucan.

Passeriformes

Passeriformes adalah ordo aves dengan anggota terbanyak yaitu sekitar 6.600 spesies. Passeriformes memiliki tiga jari kaki, memiliki paruh bervariasi, dan merupakan burung yang berkicau atau burung penyanyi.

Contoh aves anggota Passeriformes adalah chaffinch, cuckoo, jalak, bulbul, mocking, gagak, burung pipit, dan burung robin.

Baca juga: Mengapa Burung Bertubuh Panas?

Spenisciformes

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ordo sphenisciformes terdiri dari 18 hingga 21 spesies burung laut yang tidak bisa terbang dan hanya hidup di belahan bumi selatan.

Spenisciformes memiliki kaki pendek dengan badan yang kekar. Anggota aves Spenisciformes adalah semua spesies penguin seperti penguin kaisar, penguin adelie, penguin galapagos, penguin gentoo, dan penguin raja.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi