Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Ideologi Terbuka

Baca di App
Lihat Foto
Wikimedia Commons/Badjra Bagaskara
Ilustrasi Pancasila
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Ideologi merupakan gagasan sistematis mengenai arah serta tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ada dua jenis ideologi, yakni tertutup dan terbuka. Ideologi tertutup adalah ajaran yang di dalamnya berisikan tujuan dan norma yang harus diterima serta dipatuhi dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, dikutip dari jurnal Keunggulan dan Ketangguhan Ideologi Pancasila (2002) oleh Surajiyo, ideologi terbuka adalah ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan dinamika secara internal.

Penerapan ideologi terbuka dapat mengembangkan dinamika kehidupan masyarakat, membuka wawasan lebih luas, dan mempermudah proses pemecahan masalah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut penjelasan ciri-ciri ideologi terbuka:

Ciri khas ideologi terbuka

Menurut Pandji Setijo dalam buku Pendidikan Pancasila Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa (2006), ciri khas ideologi terbuka adalah nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar, melainkan berasal dari dalam diri bangsa, meliputi kekayaan rohani, moral, serta budaya masyarakatnya sendiri.

Baca juga: Pengertian Ideologi Terbuka

Dengan demikian, ideologi terbuka bukanlah berasal dari keyakinan sekelompok orang akan suatu ideologi, tetapi digali dan ditemukan sendiri dalam masyarakatnya.

Oleh karena itu, ideologi terbuka menjadi milik semua rakyat. Sehingga kehadirannya bukan hanya dapat dibenarkan, melainkan memang karena dibutuhkan.

Ciri ideologi terbuka

Dilansir dari Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi (2021) oleh Desak Made Yoniartini, berikut ciri-ciri ideologi terbuka:

Bersifat realis

Berarti ideologi terbuka dapat beradaptasi atau mengikuti perkembangan masyarakat atau kata lainnya tidak bersifat kaku.

Bersifat idealis

Maksudnya ideologi terbuka memberi harapan, sikap optimis, dan motivasi bagi rakyat dalam mencapai cita-cita nasional yang diinginkan.

Bersifat fleksibel

Artinya ideologi terbuka dapat menyesuaikan diri dengan situasi atau keadaan masyarakat yang terus berkembang.

Baca juga: Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Selain pemaparan di atas, berikut ciri-ciri ideologi terbuka:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi