Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri dan Contoh Hewan Berdasarkan Makanannya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi pengelompokan hewan berdasarkan makanannya
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Jambi 

 

KOMPAS.com - Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang ada di bumi. Ada beragam spesies hewan dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Bahkan dalam satu kelompok, terdapat beragam jenis hewan yang berbeda, karena itu hewan diklasifikasikan dengan berbagai identitas untuk memudahkan membedakan setiap jenis dan spesiesnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah satu klasifikasi yang digunakan untuk membedakan jenis hewan adalah berdasarkan makanannya. Berdasarkan makanannya, hewan memiliki karakteristik khusus yang membedakan tiap-tiap jenisnya. Berikut penggolongan hewan berdasarkan makanannya:

Baca juga: Apex Predator: Hewan yang Menduduki Puncak Rantai Makanan

Herbivore (pemakan tumbuhan)

Herbivore adalah kelompok hewan yang bergantung pada tumbuh-tumbuhan, seperti rumput, daun, biji-bijian, buah-buahan, kulit pohon, dan bagian tumbuhan lainnya.

Dalam rantai makanan, hewan herbivore berperan sebagai konsumen tingkat I. Hewan herbivore hidup secara berkelompok. Sebagian besar hewan herbivore adalah hewan yang jinak.

Ciri-ciri hewan herbivore

Hewan herbivore memiliki ciri-ciri sebagi berikut:

Contoh hewan herbivore adalah sapi, kambing, kerbau, kelinci, jerapah, gajah, zebra, badak, panda, kijang, kuda nil, kanguru, tupai, keledai, unta, burung kakatua, belalang, rusa, dan lain-lain. 

Baca juga: Nautilus: Hewan Cephalopoda Bercangkang

Karnivora (pemakan daging)

Karnivora adalah kelompok hewan pemakan daging. Dalam rantai makanan, hewan karnivora disebut juga sebagai pemangsa atau predator karena mereka memangsa hewan lain untuk dijadikan makanannya.

Ciri-ciri hewan karnivora

Ciri-ciri hewan karnivora adalah sebagai berikut:

Contoh hewan karnivora adalah harimau, macan, singa, beruang kutub, kucing, anjing, serigala, musang, dan lain-lain. 

Insektivora ( pemakan serangga)

Insektivora adalah kelompok hewan pemakan serangga. Pada dasarnya mereka memakan serangga karena membutuhkan asupan protein yang tinggi.

Pada rantai makanan, serangga mempunyai tempat yang istimewa. Insektivora ini populasinya dating menempati sebagian besar biosfer, kemudian secara keseluruhan dapat melebihi spesies lain.

Ciri-ciri hewan insektivora

Ciri-ciri hewan insektivora adalah sebagai berikut:

Contoh-contoh hewan insektivora adalah katak, cicak, tokek, bunglon, laba-laba, kadal, trenggiling, capung, iguana, biawak, rakun, landak, meerkat, belalang sentadu, kukang, kumbang, dan lain-lain.

Baca juga: Contoh Hewan yang Mengalami Fertilisasi Eksternal

Omnivora (pemakan segalanya)

Omnivora adalah kelompok hewan pemakan segalanya seperti daging dan juga tumbuhan. Pada umumnya, hewan omnivore mendominasi ekosistem terkecuali jika ekosistem sedang terganggu.

Ciri-ciri hewan omnivore

Ciri-ciri hewan omnivore adalah sebagai berikut:

Contoh hewan omnivore adalah ayam, bebek, tikus, simpanse, orang utan, kura-kura, babi, burung gagak, tupai, ikan piranha, burung jalak, landak, dan lain-lain. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi