Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya MC, Protokol, dan Pembawa Acara?

Baca di App
Lihat Foto
Flickr.com/Raisa Lachoque
Ilustrasi seorang pembawa acara
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Tiap acara atau kegiatan dalam perkumpulan banyak orang, pasti memiliki pembawa acara yang memandu berjalannya acara tersebut.

Selain disebut sebagai pembawa acara, kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah master of ceremony (MC) atau protokol.

Istilah MC, protokol, dan pembawa acara sering dianggap sama karena memiliki kesamaan makna, yaitu pembawa acara yang memandu berjalannya acara.

Padahal ketiganya berbeda karena memiliki perbedaan tugas. Lalu, apa bedanya MC, protokol, dan pembawa acara?

Pengertian MC

Menurut Chatrin Pratiwi dalam buku Eksklusif Seni Membawakan Pidato & MC Biasa, Seni & Praktik Public Speaking yang Mudah dan Menarik (2021), MC adalah penguasa, pengatur, pengendali dan pembawa acara yang bertindak sebagai tuan rumah dalam acara yang dipandunya. Acara yang dibawakan MC bersifat semiformal atau nonformal. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain memandu jalannya acara, MC turut bertanggung jawab atas keberhasilan acara yang berlangsung tepat waktu, lancar, juga meriah atau khidmat dari awal hingga akhir.

Baca juga: Cara Melatih Public Speaking

Seorang MC harus mampu membaca situasi dan berimprovisasi, guna menciptakan suasana sesuai karakteristik acara dan berinteraksi dengan audiensi.

Dalam menjalankan tugasnya, MC berperan untuk mengumumkan susunan acara yang telah dibuat panitia atau event organizer, juga memperkenalkan orang yang tampil di acara tersebut.

Pengertian protokol

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), protokol adalah surat resmi yang memuat hasil perundingan (persetujuan dan sebagainya), peraturan upacara di istana kepala negara, atau berkenaan dengan penyambutan tamu negara dan sebagainya, juga tata cara (upacara dan lain-lain) yang secara internasional berlaku dalam hubungan diplomatik.

Protokol disebut pula sebagai orang yang bertugas mengatur jalannya upacara atau acara yang bersifat formal. Adapun hal-hal yang berhubungan dengan protokol atau bersifat keprotokolan disebut dengan protokoler. 

Dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010, disebutkan bahwa keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

Selain membawakan acara, seorang protokol juga bertanggung jawab atas keseluruhan dan kelengkapan acara tersebut. Contohnya tata tempat, tata upacara, tata penghormatan, dekorasi, dan lain-lain yang menunjang kelancaran acara tersebut, termasuk pembawa acara.

Baca juga: Apa Saja Metode Public Speaking?

Pengertian pembawa acara

Merupakan salah satu aspek dari sebuah protokol atau keprotokolan yang disebut dalam Pasal 24 ayat (2) Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010.

Pembawa acara melekat pada acara yang bersifat resmi atau formal.

Dalam melakukan tugasnya, pembawa acara hanya membacakan naskah yang sudah dibuat dan tidak dituntut untuk melakukan improvisasi seperti yang dilakukan MC.

Perbedaan MC, protokol dan pembawa acara

MC, protokol, dan pembawa acara sama-sama bertugas memandu dan bertanggung jawab atas berjalannya seluruh acara dari awal hingga akhir.

Perbedaan MC, protokol, dan pembawa acara terletak pada tugas dan perannya. 

MC

MC berperan menjaga situasi agar tetap meriah atau khidmat, serta dituntut untuk bisa berimprovisasi.

Baca juga: Tujuan dan Peran Komunikasi Publik

 

Tugas MC, yaitu mengumumkan susunan acara yang telah dibuat oleh panitia atau event organizer. Intinya, MC memandu acara yang bersifat nonformal.

Protokol

Sedangkan protokol adalah istilah yang mengacu pada sistem dan aturan yang berlaku atau disepakati dalam acara yang sedang berjalan.

Protokol juga sebutan bagi orang yang bertanggung jawab atas keberlangsungan suatu kegiatan, upacara, atau acara yang bersifat formal.

Seorang protokol bertugas dan berperan untuk mengatur tata tempat, tata upacara, tata penghormatan, dan hal lainnya yang turut menunjang kelengkapan, perlengkapan, dan keberlangsungan acara tersebut.

Pembawa acara

Dalam suatu kegiatan yang formal, pembawa acara bertugas dan berperan untuk membacakan naskah yang sudah disediakan, dan tidak perlu berimprovisasi.

Kesimpulannya, perbedaan MC, protokol, dan pembawa acara adalah peran dan tugasnya saja. Selain itu, MC sering hadir di acara nonformal, sementara pembawa acara dan protokol ada di acara formal.

Baca juga: 4 Metode Pidato

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: KBBI
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi