Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Lembaga Keuangan Bukan Bank

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Lembaga keuangan bukan bank berperan untuk menghimpun dana dan menyalurkannya kembali ke masyarakat dalam bentuk surat berharga.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) merupakan lembaga yang kegiatannya tidak terfokus pada pengelolaan dana.

Berbeda dengan bank, lembaga keuangan ini menjadi perantara dalam penerbitan serta penjualan surat berharga dari perusahaan kepada masyarakat.

Dikutip dari buku Kelembagaan Perbankan (2007) karangan Thomas Suyatno dkk, berikut pengertian lembaga keuangan bukan bank:

"Lembaga keuangan bukan bank ialah semua badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, yang secara langsung maupun tidak, menghimpun dana, terutama dengan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkannya ke masyarakat." 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank)

Menurut Faradilla Herlin, dkk dalam buku Keuangan Daerah (2021), contoh LKBB adalah asuransi, pegadaian, dana pensiun, reksa dana, serta bursa efek.

Adapun lembaga keuangan bukan bank berperan untuk menghimpun dana dengan mengeluarkan surat berharga yang akan disalurkan kepada masyarakat.

Baca juga: Lembaga Keuangan: Pengertian Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Dana tersebut bisa dipakai untuk membiayai investasi di berbagai perusahaan, sehingga ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dilansir dari situs World Bank Group, LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank) tidak memiliki izin perbankan secara penuh. Dengan demikian, lembaga ini tidak bisa menerima simpanan dari masyarakat.

Walau begitu, LKBB tetap berperan dalam memberi fasilitas yang berkaitan dengan layanan keuangan alternatif, seperti investasi, pengiriman uang, serta perencanaan pensiun.

Lembaga keuangan bukan bank juga berperan untuk menjadi perantara antara pihak yang membutuhkan modal dengan pemilik modal.

Sehingga secara langsung maupun tidak, ini mempermudah proses masyarakat untuk mendirikan usaha demi keberlangsungan hidupnya.

Kesimpulannya, peran lembaga keuangan bukan bank adalah:

  1. Menghimpun dana
  2. Memfasilitasi berbagai layanan keuangan alternatif
  3. Menjadi perantara antara pihak yang membutuhkan modal dengan pemilik modal.

Baca juga: Lembaga Keuangan Bank: Definisi, Jenis, dan Tugasnya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi