Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opinion News: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Medianya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi opinion news
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Berita memiliki banyak jenisnya sesuai dengan isi maupun cara penulisannya. Dua jenis berita sering didengar adalah hard news dan soft news. Namun, masih ada jenis berita lainnya dan salah satunya ialah opinion news.

Dikutip dari buku Jurnalisme Kontekstual (2016) ditulis oleh M. Fikri AR, opinion news atau berita opini merupakan halaman berita yang berisi pandangan atau pemikiran seorang narasumber untuk menganalisis suatu isu atau peristiwa sedang terjadi. Biasanya, narasumber ini bisa berasal dari cendekiawan, jurnalis, atau masyarakat.

Umumnya, berita berisi narasi secara obyektif, sedangkan berita opini secara subyektif. Meskipun, ada informasi dalam berita, tetapi hampir sebagian besar isinya berupa opini dari sang penulis.

Biasanya, redaksi opinion news menjadi tambahan rubrik dalam media massa atau daring sekaligus penyampaian pesan atau gagasan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opinion news merupakan jenis berita yang banyak dimuat dalam media massa maupun daring dan menjadi kesempatan untuk masyarakat umum dalam beropini.

Baca juga: Jenis-jenis Berita

Ciri-ciri opinion news

Seperti berita pada umumnya, opinion news juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

Media opinion news

Terdapat beberapa media yang bisa digunakan untuk menyampaikan opinion news. Media tersebut di antaranya: 

Artikel merupakan tulisan panjang yang berisi opini dari narasumber terhadap suatu permasalahan didasarkan hasil analisis dan dimuat di media masaa maupun daring. Biasanya, artikel ini lebih detail dan panjang.

Komentar merupakan tulisan ulasan singkat untuk menanggapi suatu masalah atau isu. Tulisan ini lebih menanggapi opini orang lain.

Surat pembaca biasanya berasal dari masyarakat umum untuk menyampaikan opini, gagasan, keluhan, atau saran mereka secara terbuka di media massa.

Baca juga: Cara Membedakan Fakta dan Opini

Tajuk rencana merupakan tulisan opini terhadap suatu kejadian atau isu yang disampaikan oleh pihak editorial sendiri di suatu media. Biasanya, tajuk rencana berupa opini dari redaktur dalam media itu sendiri.

Karikatur merupakan ilustrasi yang digambarkan terhadap obyek tertentu dan melebih-lebihkan objek itu sesuai dengan ciri khas atau kondisi sedang dialami. Biasanya, karikatur menjadi media lain dalam menyampaikan opini bagi kalangan tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi