Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Larutan Elektrolit dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Jus jeruk dan lemon adalah contoh larutan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Larutan elektrolit adalah larutan yang mengandung ion positif dan ion positif sehingga dapat menghantarkan listrik. Larutan elektrolit dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh larutan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari adalah:

Baca juga: Contoh Larutan Elektrolit Kuat dan Larutan Elektrolit Lemah

Larutan garam

Contoh larutan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari adalah larutan garam dapur (NaCl).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, larutan garam dapur memiliki kation (Ca+) dan anion (Na-) yang terionisasi secara sempurna dalam air.

Sehingga, larutan garam merupakan larutan elektrolit kuat. Di mana muatanlistrik dapat berpindah melalui ion-ion di dalamnya.

Air laut

Jika larutan garam adalah elektrolit, maka air laut yang mengandung banyak garam juga termasuk ke dalam larutan elektrolit.

Baca juga: Mengapa Larutan Elektrolit dapat Menghantarkan Listrik?

Sifat elektrolit air laut tidak hanya hadir karena ion dari garam. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, air laut mengandung banyak ion kalium (K+), kalsium (Ca+), sulfat (SO42-), natrium (Na+), klorida (Cl-), dan magnesium (Mg2+).

Ion-ion tersebut menjadikan air laut sebagai larutan elektrolit alami yang paling melimpah di bumi.

Jus jeruk dan lemon

Contoh larutan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah jus jeruk dan lemon.

Jus jeruk dan lemon mengandung ion hidrogen, kalsium, potasium, dan magnesium yang membuatnya sebagai larutan elektrolit yang baik untuk tubuh.

Air aki

Air aki terbuat dari larutan asam sulfat. Dilansir dari BBC, larutan asam sulfat mengandung ion H+ dan SO42- yang dapat menghantarkan listrik dengan kuat. Sehingga, air aki termasuk ke dalam larutan elektrolit kuat.

Baca juga: Sel Elektrokimia: Sel Volta dan Sel Elektrolisis

Cuka

Contoh larutan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah cuka. Cuka adalah larutan elektrolit lemah yang terbuat dari asam lemah yaitu asam asetat.

Asam asetat yang larut dalam air hanya terionisasi sedikit menjadi ion etanoat (CH3COO-). Sehingga, hanya sedikit ion yang dapat menghantarkan listrik pada cuka.

Air

Air yang digunakan untuk minum, mandi, dan mencuci adalah salah satu contoh larutan elektrolit. Air mengandung ion hidrogen (H+) dan ion hidroksida (OH-) yang dapat menghantarkan listrik dengan lemah.

Baca juga: Kelistrikan pada Sel Saraf

Cairan tubuh

Manusia juga memiliki larutan elektrolit di dalam tubuhnya. Darah, urine, cairan intraselular, dan cairan tubuh lainnya adalah larutan elektrolit yang mengandung berbagai ion seperti natrium, kalium, dan klorida, fosfat, dan magnesium.

Cairan tubuh yang bersifat elektrolit memungkinkan impuls (sinyal listrik) dikirim dari seluruh tubuh ke otak dan dari otak ke seluruh tubuh. Sehingga, semua fungsi tubuh dapat berjalan sesuai dengan sistem saraf pusat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi