Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karikatur: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Jenis

Baca di App
Lihat Foto
OpenClipart-Vectors
Contoh Karikatur
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Saat ini sudah banyak media yang bisa dijadikan sebagai alat menyampaikan pemikiran, pendapat, atau gagasan. Baik secara tertulis, verbal, maupun gambar.  

Karikatur menjadi penyampaian gagasan atau ide dalam bentuk gambar yang sering kita jumpai di berbagai media massa, baik cetak maupun daring. 

Dikutip dari buku berjudul Katakan Dengan Karikatur (2020) karya Ifa Wuryanto, karikatur adalah penggambaran terhadap suatu obyek yang nyata secara berlebihan, walaupun tidak menghilangkan ciri khasnya.

Selain pengertian di atas, karikatur sering dijadikan sebagai media untuk menyampaikan kritik terhadap obyek yang terlibat dalam masalah sosial sedang terjadi pada saat itu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata karikatur berasal dari kata caricare yang berarti memuat dalam bahasa Italia. Pencipta karikatur adalah seorang warga Bologna bernama Annibale Carracci yang hidup pada abad ke-17.

Baca juga: Gambar Cerita: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya 

Ciri-ciri karikatur

Dilansir dari buku Bahasa Jurnalistik: Aplikasinya dalam Penulisan Karya Jurnalistik di Media Cetak, Televisi, dan Media Online (2020) karya Husen Mony, ciri-ciri dari karikatur yang sering ditemukan dalam media massa adalah:

Tujuan karikatur

Karikatur memiliki tujuan yang jelas untuk menyampaikan opini, tetapi ada beberapa tujuan karikatur lainnya yang lebih spesifik atau bukan sekadar untuk media beropini, yaitu:

Baca juga: Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Jenis karikatur

Karikatur memiliki tiga jenis sesuai dengan tujuan yang mau disampaikan, yaitu:

Jenis karikatur ini biasanya menjadi media dalam menyampaikan opini dalam bentuk humor atau satir. Karikatur ini juga terdapat cerita singkat di dalamnya agar bisa menjadi media hiburan untuk para pembaca.

Karikatur politik merupakan jenis karikatur yang menyampaikan permasalahan politik sedang terjadi pada saat itu melalui penggambaran yang dibuat secara berlebihan dan lucu.

Karikatur realitas merupakan jenis karikatur yang biasanya menceritakan masalah dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Biasanya, karikatur ini juga memberikan gambaran bagaimana kehidupan masyarakat pada saat itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi