Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etika: Pengertian dan Tujuan Mempelajarinya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Etika adalah ilmu yang mempelajari baik buruknya perbuatan manusia.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia adalah pengertian dari etika.

Dalam kehidupan pribadi maupun sosial manusia, sudah sepatutnya etika diterapkan untuk mengatur cara berperilaku.

Pengertian etika

Menurut Mimin Emi Suhaemi dalam buku Etika Keperawatan: Aplikasi pada Praktik (2002), etika adalah ilmu tentang kesusilaan yang mengatur bagaimana sepatutnya manusia hidup dalam masyarakat.

Ini dilakukan dengan menerapkan sejumlah aturan atau prinsip guna menentukan tingkah laku yang dirasa tepat, seperti baik atau buruknya suatu hal, kewajiban, dan tanggung jawab.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikutip dari buku Etika Lingkungan Hidup (2010) karya A. Sonny Keraf, secara etimologis, etika berasal dari bahasa Yunani, ethos berarti adat istiadat atau kebiasaan.

Sebagai adat istiadat, etika berkaitan dengan kebiasaan dan tata cara hidup yang baik dalam kehidupan individu maupun masyarakat.

Etika adalah pedoman bagaimana manusia harus hidup serta bertindak. Sebab etika memberi petunjuk, orientasi, serta arah kehidupan yang dipandang lebih baik.

Baca juga: Pengertian Etika, Moral, Susila, dan Budi Pekerti 

Tujuan mempelajari etika

Dilansir dari buku Etika dan Tanggung Jawab Profesi (2019) karya Adnan Murya dan Urip Sucipto, tujuan mempelajari etika ialah mendapatkan cita atau gagasan yang sama bagi seluruh manusia mengenai penilaian baik atau buruk.

Meski begitu, penilaian ini dirasa cukup sulit, lantaran ukuran baik atau buruk sebenarnya relatif dan tergantung pada keadaan suatu daerah dari masa ke masa.

Selain itu, mempelajari etika juga bertujuan untuk mengarahkan perkembangan masyarakat ke arah atau suasana yang jauh lebih harmonis, tertib, teratur, damai, serta sejahtera.

Dengan demikian, kita perlu mempelajari etika untuk mengetahui baik buruknya suatu hal, khususnya bagaimana kita harus bersikap dan berperilaku dalam lingkungan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi