Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Mikrokontroler?

Baca di App
Lihat Foto
Pengo
Atmel AVR ATmega8 PDIP
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali atau control.

Dilansir dari buku Mikrokontroler dan Aplikasinya (2017) oleh Achmad Fiqhi Ibadillah, mikrokontroler memungkinkan terciptanya sebuah perangkat pintar yang dapat menjalankan suatu perintah tertentu seperti membaca, operasi matematika, mengubah nilai register dan lainnya tergantung bagaimana pengguna ingin memprogramnya.

Sebagian besar mikrokontroler diprogram dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Proses rangkaian mikrokontroler terbilang mudah karena tersedia port-port yang dibutuhkan. 

Selain itu rangkaian mikrokontroler dapat beroperasi dengan menggunaan komponen-komponen dasar, seperti resistor, kapasitor, kristal, dan lainnya. 

Baca juga: Alat Perangkap Hama Berbasis Mikrokontroler Ciptaan Siswa SMA Negeri 1 Purbalingga Raih Juara Pertama LKTI Nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip mikrokontroler ini menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengguna. Di antaranya terdapat internal RAM untuk menyimpan data variabel dan register, internal ROM untuk menyimpan program yang tidak dapat diubah, serta terdapat I/O port sebagai masukan atau keluaran.

Beberapa kelebihan yang dimiliki mikrokontroler sebagai berikut:

Perlu diingat bahwa terdapat banyak jenis mikrokontroler yang dikeluarkan oleh berbagai perusahaan dengan fitur dan keunggulan yang berbeda beda seperti mikrokontroler ATMEL dari Intel Corp, mikrokontroler Maxim dari Maxim Corp dan mikrokontroler PIC dari Microchip.

Baca juga: Bahasa Pemrograman: Pengertian, Fungsi, Tingkat, dan Macamnya

Tentunya pengguna atau pelaku industri harus pintar memilih mikrokontroler yang memiliki fitur memadai sesuai kebutuhan perangkat yang akan dihasilkan.

Contoh penerapan mikrokontroler pada kehidupan sehari-hari antara lain running led, lampu otomatis, alat pencuci tangan otomatis dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi