Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klasifikasi Tumbuhan berdasarkan Tempat Hidupnya

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Pohon bakau merupakan tanaman halofit yang hidup di lingkungan air asin.
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Tumbuhan adalah kelompok makhluk hidup yang dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Klasifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya adalah tumbuhan mesofit, xerofit, hidrofit, higrofit, dan halofit.

Mesofit

Klasifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya atau ekologinya yang pertama adalah mesofit.

Dilansir dari Biology Online, mesofit adalah kelompok tumbuhan darat yang tumbuh di lingkungan dengan persediaan air rata-rata jika dibandingkan dengan xerofit dan hidrofit.

Artinya, tumbuhan mesofit hidup di tempat yang airnya normal, tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Tumbuhan mesofit hidup di lingkungan yang menguntungkan dan cenderung stabil.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 4 Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Pigmen yang Dikandung

Karena selain memiliki katersediaan air yang normal, tempat hidup tumbuhan mesofit juga memiliki suhu yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Contoh tumbuhan mesofit adalah jagung, gandum, pisang, papaya, blueberi, semanggi, manga, rambutan, bunga matahari, bunga mawar, bunga tulip, dan bunga aster.

Xerofit

Klasifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidup selanjutnya adalah xerofit.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, xerofit adalah tumbuhan yang hidup di tempat kering dan beradaptasi untuk mencegah kehilangan air atau menyimpan air.

Adaptasi tumbuhan xerofit membuatnya dapat hidup di lingkungan yang kekurangan air (kering) dan juga panas.

Contoh tumbuhan xerofit adalah kaktus, lidah buaya, akasia, buah naga, nanas, adenium, kurma, pir berduri, chia, lavender gurun, dan dandelion.

Baca juga: Contoh Tumbuhan Xerofit

Hidrofit

Hidrofit adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan basah atau berair.

Tumbuhan hidrofit hidup di tempat dengan kadar air tinggi, ada yang terendam secara berkala, ada juga yang terendam secara terus-menerus, dan ada yang hidup di dalam air (tenggelam).

Tanaman hidrofit tidak memiliki stomata, memiliki saluran udara yang membuatnya dapat mengambang, dan juga memiliki lapisan lilin yang melindungi dari pembusukan karena terus terendam dalam air.

Contoh tanaman hidrofit adalah padi, hydrilla, valisineria, lili air, lemna, coontail, rumput belut, lembang (cattails), eceng gondok, dan teratai.

Baca juga: Ciri Khusus Tumbuhan Teratai dan Fungsinya

Higrofit

Klasifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidup selanjutnya adalah higrofit.

Higrofit adalah kelompok tumbuhan yang hidup di lingkungan lembap (berkadar air tinggi namun tidak terendam air seperti hidrofit).

Tidak seperti hidrofit, higrofit memiliki stomata untuk menguapkan kelebihan air di dalam tubuhnya.

Higrofit memiliki batang yang lunak dan kerdil, akar rimpang yang lunak, laju transpirasi rendah, dan struktur pori-pori untuk menguapkan air yang disebut sebagai hidatoda.

Contoh tumbuhan higrofit adalah keladi, pakis, talas, aroid, paku, lumut, anggrek, dan begonia.

Baca juga: 10 Manfaat Hutan Mangrove bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup

Halofit

Klasifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidup yang terakhir adalah halofit.

Dilansir dari Biology Discussion, halofit adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan yang tinggi kadar NaCl2, MgCl2, MgSO4, atau air asin.

Biasanya, tumbuhan halofit memiliki batang dan daun berlapis lilin (sukulen), memiliki akar adventif yang kuat, perkecambahan vivipar, dan kemampuan untuk menyaring garam atau mengeluarkan kelebihan garam.

Contoh tumbuhan yang termasuk halofit adalah pohon bakau atau mangrove, rumput gajah, heritera atau dungun, semak garam, dan glasswort.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi