Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-Negara Anggota ASEAN

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com
Penyebab utama terjadinya disparitas antarnegara di Asia Tenggara adalah perbedaan kemajuan teknologi.
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Jambi 

 

KOMPAS.com - ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Dilansir dari situs resmi Association of Southeast Asian Nations, ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand melalui penandatangan Deklarasi Bangkok.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada awal terbentuknya, ASEAN hanya beranggotakan lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Hingga saat ini, 10 dari 11 negara yang ada di Asia Tenggara sudah bergabung menjadi anggota ASEAN.

Berikut ini adalah negara-negara anggota ASEAN:

Baca juga: Keuntungan Letak Geografis ASEAN

Indonesia

Indonesia adalah negara terluas di Asia Tenggara dengan luas wilayah 5.193.250 kilometer persegi.

Bentuk negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang dipimpin oleh seorang presiden. Negara yang beribukota Jakarta ini merayakan hari kemerdekaannya setiap tanggal 17 Agustus. 

Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dengan Rupiah sebagai mata uangnya. Dilansir dari situs Worldometers, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 279,2 juta jiwa. Indonesia bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

Lihat Foto
canva.com
Bendera Malaysia
Malaysia

Malaysia memiliki kepala negara seorang Raja dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan.

Negara yang beribukota di Kuala Lumpur ini merayakan hari kemerdekaannya setiap tanggal 31 Agustus.

Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Melayu, Inggris, China, dan Tamil dengan mata uang ringgit Malaysia.

Wilayah Malaysia memiliki luas 329.847 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 33,2 juta jiwa. Malaysia bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

Baca juga: ASEAN Free Trade Area (AFTA): Sejarah, Tujuan, dan Dampaknya

Lihat Foto
canva.com
Bendera Singapura
Singapura

Singapura adalah negara anggota ASEAN terkecil dengan luas wilayah 721,5 kilometer persegi dan jumlah penduduk 5,9 juta jiwa.

Kepala negaranya adalah seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri.

Singapura yang beribukota di Singapura, menggunakan Bahasa Inggris, China, Mandarin, Melayu, dan Tamil sebagai bahasa resminya.

Hari kemerdekaan Singapura diperingati setiap tanggal 9 Agustus. Singapura bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

Lihat Foto
canva.com
Bendera FIlipina
Filipina

Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan di Filipina. Negara yang beribukota di Manila ini merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 12 Juni.

Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Inggris dan Tagalog. Mata uang Filipina adallah Kyat. Negara dengan luas wilayah 343.448 kilometer persegi ini mmeiliki penduduk dengan jumlah 112,4 juta jiwa. Filipina bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

 

Baca juga: Manfaat MEA bagi Indonesia dan Negara-negara ASEAN

Lihat Foto
canva.com
Bendera Thailand

Thailand

Thailand memiliki kepala negara seorang raja dan kepala pemerintahan dipimpin oleh Perdana Menteri. Negara yang beribukota di Bangkok ini merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 5 Desember. 

Bahasa resmi yang digunakan adalah thai dan Baht sebagai mata uangnya. Negara dengan jumlah penduduk 70,1 juta jiwa ini memiliki luas wilayah 513.120 kilometer persegi. Thailand bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

 

 

Lihat Foto
canva.com
Bendera Brunei Darussalam
Brunei Darussalam

Brunei Darussalam dipimpin oleh seorang Sultan. Negara yang beribukota di Bandar Seri Begawan ini merayakan kemerdekaanya setiap tanggal 23 Februari.

Negara yang terletak di sebagian Pulau Kalimantan ini menggunakan bahasa Melayu, Mandarin, dan Bahasa Inggris sebagai bahasa resminya.

Mata uang Brunei Darussalam adalah Dollar Brunei. Brunei Darussalam memiliki luas 5.765 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 445,795 jiwa. Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 8 Januari 1984.

Baca juga: Letak ASEAN secara Astronomis dan Geografis

Lihat Foto
canva.com
Bendera Kamboja
Kamboja

Kepala negara Kamboja adalah raja dan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang perdana menteri. Ibukota Kamboja adalah Phnom Phen.

Hari kemerdekaan Kamboja diperingati setiap tanggal 9 November. Kamboja mmeiliki luas wilayah 181.035 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 17,1 juta jiwa. Kamboja bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 30 April 1999.

 

 

 

Lihat Foto
canva.com
Bendera Laos
Laos

Laos adalah satu-satunya Negara ASEAN yang tidak memiliki laut dengan luas wilayahnya 237.955 kilometer persegi. Kepala negara Laos adalah seorang Presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri.

Negara yang beribukota di Vientiane ini memiliki penduduk berjumlah 7,4 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Lao, Perancis, dan Inggris. Hari kemerdekaan Laos dirayakan setiap tanggal 2 Desember. Laos bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997.

Baca juga: Latar Belakang Kesamaan Sejarah dalam Pembentukan ASEAN

Lihat Foto
canva.com
Bendera Myanmar
Myanmar

Myanmar memiliki kepala negara dan kepala pemerintahan yang sama, yaitu Presiden. Negara yang beribukota di Nay Pyi ini merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 4 Januari.

Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Burma dan menggunakan Kyat sebagai mata uang. Negara berpenduduk 55,1 juta jiwa ini memiliki luas wilayah 676.578 kilometer persegi. Myanmar bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997.

 

 

 

Lihat Foto
canva.com
Bendera Vietnam
Vietnam

Vietnam memiliki kepala negara seorang presiden dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Negara yang beribukota di Ho Chi Minh ini merayakan hari kemerdekaanya setiap tanggal 5 September. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Vietnam.

Mata uang Negara Vietnam adalah Dong. Negara berpenduduk 99,07 juta jiwa ini memiliki luas wilayah 331.230,8 kilometer persegi. Vietnam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 28 Juli 1995.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi