Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLC: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Penggunaannya

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi pengertian Programmable Logic Controller atau PLC
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Programmable Logic Controller atau PLC adalah sebuah rangkaian elektronik yang mampu mengerjakan berbagai fungsi kontrol yang kompleks. 

Dilansir dari buku Training Basic PLC (2015) oleh Kartanagari, secara mendasar PLC merupakan  suatu peralatan kontrol yang dapat diprogram untuk mengontrol proses atau operasi mesin. 

PLC juga diartikan sebagai peralatan elektronik yang dibangun dari mikroprosesor untuk memonitor keadaan dari peralatan input kemudian dianalisis sesuai dengan kebutuhan perencana (programmer) untuk mengontrol keadaan output.

Kontrol program dari PLC yaitu menganalisis sinyal input kemudian mengatur keadaan output sesuai dengan keinginan pemakai.

Dilansir dari buku Pengantar Analisis dan Desain Programmable Logic Controller (2012) oleh Mochammad Rusli, PLC terdiri dari dua komponen penting yakni CPU dan modul input/output. CPU akan mengerjakan semua aktivitas proses sinyal masukan ke hasil sinyal keluaran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Apa Perbedaan Teknik Elektro dan Teknik Elektronika?

Fungsi PLC

Dilansir dari buku Computer Numerical Control (1992) oleh Hans B. Kief dan T. Frederick Waters, fungsi PLC memiliki kemiripan dengan peralatan (controller) lainnya, yakni:

Cara kerja PLC 

Beberapa cara kerja dari PLC di antaranya: 

Baca juga: Sistem Termodinamika: Terbuka, Tertutup, dan Terisolasi

Penggunaan PLC

PLC mampu mengubah algoritma kendali sekuensial di industri dari kasus yang kecil (kontrol pada mesin sederhana untuk mesin sederhana) sampai dengan kontrol modern kasus di manufaktur yang relatif besar, sehingga membutuhkan algoritma kontrol yang rumit.

Contoh penggunaan PLC pada industri otomotif antara lain:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi