Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hewan Polinator sebagai Perantara Penyerbukan

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi penyerbukan dengan bantuan lebah
Editor: Serafica Gischa

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Jambi

 

KOMPAS.com -Penyerbukan melibatkan pengangkutan serbuk sari dari benang sari ke putik untuk pembuahan. Saat dibuahi, tanaman menghasilkan buah, biji, dan berkembangbiak. 

Proses penyerbukan biasanya dibantu oleh perantara penyerbukan yang disebut polinator atau vektor. Di mana polinator membantu menyebarkan sel bunga jantan ke putik betina. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada beberapa hewan yang masuk dalam polinator, yaitu: 

Berikut penjelasannya: 

Baca juga: Metode Penyerbukan Bunga Berdasarkan Perantaranya

Lebah

Lebah adalah hewan yang memiliki peran paling penting dalam penyerbukan bunga. Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal sebagai makshluk sosial karena hidupnya berkelompok.

Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apoidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika. Jenis yang sering dijumpai di Indonesia seperti Apis Dorsata dan Apis Cerana.

Lebah memiliki sepasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu, dan atap rumah.

Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar lebah betina yang masih muda terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Lebah paling senang hinggap di tanaman yang memiliki bunga berwarna kuning dan biru cerah. Saat hinggap di atas bunga untuk meminum nektar, serbuk sari pada bunga yang dihinggapi akan menempel pada rambut-rambut kecil di kaki mereka.

Lebah juga mampu mengangkut serbuk sari dalam jumlah yang sangat banyak. Dengan bantuan lebah ini, tanaman dapat berbuah dengan baik.

Kumbang 

Kumbang umumnya bukan hama yang berbahaya, tetapi mereka termasuk hama pertanian dan industri. Beberapa spesies tanaman kuno seperti magnolia dan rempah-rempah, dibantu penyerbukannya oleh kumbang.

Kumbang yang memakan serbuk sari, nektar, atau bunga adalah penyerbuk yang sangat penting.

Kumbang paling sering hinggap di bunga yang kusam dan buah yang terbuka di siang hari. Dengan begitu, kumbang termasuk polinator yang penting di bumi ini. 

Baca juga: Macam-macam Penyerbukan pada Bunga

Burung

Burung juga ada yang berfungsi sebagai polinator. Beberapa burung juga berperan membantu penyerbukan tanaman, burung yang paling terkenal sebagai penyerbuk adalah burung Kolibri.

Namun, sebenarnya ada juga burung penyerbuk penting lainnya, seperti Honeycreeper di Hawaii dan Honeyeater di Australia. Sunbird di daerah tropis juga membantu penyerbukan tanaman, terutama untuk bunga yang dalam.

Di Jambi, masih sering ditemui jenis burung Cicap yang biasa dijumpai di pohon kelapa. Mereka mengisap bunga kelapa yang wangi, sekaligus membantu menjadi polinator bagi pohon kelapa itu.  

Sebenarnya, ada sekitar 2.000 spesies burung yang memakan nektar sehingga membantu mengangkut serbuk sari sampai tingkat tertentu.

Bunga yang penyerbukannya dibantu oleh burung adalah yang memiliki kelopak melengkung, penyangga yang kuat untuk bertengger, warna cerah, dan nektar yang terletak jauh di dalam kelopak seperti bunga kelapa. 

Kelelawar

Kelelawar adalah hewan yang aktif di malam hari (nocturnal). Kelelawar membantu penyerbukan beberapa bunga yang tumbuh di daerah tropis dan gurun, seperti di wilayah Afrika, Asia Tenggara, dan Kepulauan Pasifik.

Kelelawar paling suka hinggap di atas bunga yang terbuka pada malam hari, memiliki kelopak besar, pucat, harum, dan mengandung nektar encer, seperti bunga durian. 

Kelelawar bukan hanya membantu penyerbukan dengan nektar, tetapi juga memakan serangga yang ada pada bunga.

Tanaman yang penyerbukannya paling dibantu oleh kelelawar adalah mangga, pisang, jambu biji, dan agave. Jadi, peran kelelawar sangatlah penting bagi tanaman. 

Baca juga: Macam-macam Proses Penyerbukan Bunga

Lalat

Lalat identik dengan tempat kotor, namun ternyata ada juga manfaatnya. Spesies lalat yang disebut midge adalah serangga yang membantu penyerbukan pohon Kakao. Berkat lalat ini, kita bisa menikmati cokelat yang lezat dan gurih. 

Lalat paling suka hinggap pada bunga yang berbau menyengat, seperti bangkai, kotoran, darah, atau bunga bangkai sperti porang hingga Rafflessia.

Lalat membantu pernyerbukan dengan mengambil beberapa serbuk sari yang menempel di tubuh mereka saat hinggap di tanaman untuk minum nektar. Dengan begitu, secara tidak langsung, lalat membantu proses penyerbukan. 

Ngengat

Ngengat adalah hewan yang sangat mirip dengan kupu-kupu. Perbedaannya adalah, ngengat akan terus menyerbuki tanaman hingga setelah matahari terbenam.

Ngengat membantu penyerbukan dengan mengambil serbuk sari di sayap dan kaki saat hinggap di atas bunga untuk minum nektar tanaman, saat menempel di putik itulah ia menempelkan serbuk sari ke putik sehingga putik akan menjadi buah. 

Ngengat juga sangat penting bagi ekosistem, ada banyak hewan pemakan serangga yang menjadikan ngengat sebagai santapannya di antaranya kelelawar, kadal dan burung.

Baca juga: Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif Alami

Kupu-kupu

Kupu-kupu membantu penyerbukan dengan cara yang sama seperti lebah. Hanya saja mereka tidak mampu mengambil serbuk sari sebanyak lebah karena tubuh kupu-kupu yang tinggi dan ramping.

Kupu-kupu memiliki penglihatan yang baik dan menyukai bunga-bunga berwarna cerah, seperti merah, oranye, dan kuning. Selain itu, hewan kecil bersayap indah ini juga menyukai bunga yang banyak mengandung nektar seperti bunga kenikir, kaliandra dan bunga matahari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi