Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Metode Kepramukaan

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi pramuka
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. 

Dikutip dari buku Panduan Wajib Pramuka (2016) oleh Jaenudin Yusup dan Tini Rustini, kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. 

Sementara kepramukaan yaitu proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, terarah dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. 

Baca juga: Tingkatan Pramuka Siaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu apa itu metode Kepramukaan? 

Alasan disebut metode kepramukaan karena merupakan prosedur dan cara untuk mengimplementasikan nilai dan prinsip dasar kepramukaan. 

Dilansir dari buku Pendidikan Pramuka (2020) oleh Budi, metode kepramukaan merupakan tata cara pendidikan watak kepada peserta didik melalui aktivitas Kepramukaan yang menarik, menyenangkan, dan menantang disesuaikan dengan kondisi serta situasi kegiatan peserta didik, 

Metode kepramukaan tidak bisa dilepaskan dari prinsip dasar Kepramukaan. Dalam keterkaitan keduanya mengenai pelaksanaan Kode Kehormatan Kepramukaan. 

Pelaksanaan metode kepramukaan dilaksanakan berdasarkan pembagian yang telah ditentukan karena setiap metode di dalam Kepramukaan memiliki fungsi dan tujuan pencapaian yang berbeda. 

Cara belajar metode kepramukaan

Sebutkan metode kepramukaan! Metode kepramukaan adalah cara belajar interaktif progresif melalui: 

Setiap unsur dalam metode kepramukaan memiliki fungsi pendidikan spesifik, yang secara bersama-sama dan keseluruhan saling memperkuat dan menunjang tercapainya tujuan pendidikan kepramukaan. 

Baca juga: Perbedaan Baju Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak

Strategi gerakan pramuka

Selain prinsip dan metode, penting juga melakukan pengenalan strategi gerakan pramuka. Hal ini bertujuan untuk mengetahui program kerja yang akan dilakukan sebagai perwujudan nyata dari visi dan misi Gerakan Pramuka. 

Berikut strategi Gerakan Pramuka, dengan memperhatikan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats), yaitu: 

Baca juga: Tingkatan Pramuka Penggalang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi