Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pengakuan dari Negara Lain Menjadi Syarat Penting Berdirinya Sebuah Negara?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Mengapa pengakuan dari negara lain menjadi syarat penting berdirinya sebuah negara? Karena pengakuan merupakan hal terpenting dalam menjalin hubungan internasional.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Agar bisa diakui sebagai sebuah negara, ada dua unsur penting yang harus terpenuhi, yakni unsur konstitutif dan deklaratif.

Unsur konstitutif terdiri atas wilayah, penduduk, dan pemerintahan. Sedangkan unsur deklaratif, yaitu pengakuan dari negara lain.

Pentingnya pengakuan dari negara lain

Wilayah, penduduk, dan pemerintahan merupakan unsur mutlak yang wajib dipenuhi dalam pendirian suatu negara.

Sedangkan pengakuan dari negara lain, tidak mutlak menjadi syarat berdirinya sebuah negara. Namun, tetap menjadi syarat penting yang harus dipenuhi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa pengakuan dari negara lain menjadi syarat penting bagi berdirinya sebuah negara?

Menurut Syafrizal, dkk dalam buku Pengantar Ilmu Sosial (2021), pengakuan dari negara lain menjadi syarat penting berdirinya sebuah negara, karena unsur ini menjelaskan keberadaan suatu negara.

Baca juga: Unsur-unsur Penting Berdirinya Suatu Negara

Unsur deklaratif bersifat politik. Artinya keberadaan atau keberlangsungan suatu negara di dunia internasional didasarkan pada pengakuan dari negara lain.

Dikutip dari buku Ilmu Pemerintah (2019) karya Inu Kencana Syafiie, unsur deklaratif bisa diartikan sebagai kerelaan negara lain untuk mengakui kemerdekaan suatu negara beserta pemerintahannya yang sah.

Ini ditujukkan dengan penukaran duta besar dan konsul antarnegara di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, dan budaya.

Dilansir dari jurnal Pengakuan dalam Pembentukan Negara Ditinjau dari Segi Hukum Internasional (2020) oleh Elsa Libella dkk, para pakar hukum internasional menyepakati bahwa pengakuan merupakan hal terpenting dalam hubungan internasional.

Sebab tak ada negara yang mampu hidup sendiri tanpa bantuan atau menjalin hubungan dengan negara lainnya, terlebih lagi di era globalisasi saat ini.

Baca juga: 4 Teori Terbentuknya Negara

Kesimpulannya, ada tiga alasan mengapa pengakuan dari negara lain menjadi syarat penting bagi berdirinya sebuah negara, yaitu:

  1. Pengakuan negara lain menjelaskan keberadaan suatu negara
  2. Menjadi bukti bahwa negara lain mengakui kemerdekaan dan pemerintahan yang sah dari suatu negara
  3. Pengakuan dari negara lain merupakan hal terpenting dalam menjalin hubungan internasional.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi