Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Provinsi di Pulau Sumatera

Baca di App
Lihat Foto
wikipedia.org/Dastan Rajata Amijaya
Peta Wilayah Sumatera
Editor: Serafica Gischa

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Jambi

 

KOMPAS.com - Sumatera menjadi salah satu pulau terbesar di Idonesia dan menjadi pulau keenam terbesar di dunia. Pulau Sumatera memiliki luas sebesar 473.481 km². Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Percha, Andalasm atau Suwarnadwipa. 

Suku-suku yang mendiami Pulau Sumatera di antaranya Suku Aceh, Batak, Gayo, Lampung, Batin, Suku Anak Dalam, Kerinci, Melayu, Mentawai, Minangkabau, Nias, Palembang, Rejang, China, India, Jawa, dan lain-lain.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Sumatera juga terkenal dengan ragam kebudayaannya, seperti Tarian Saman Aceh, Rumah Gadang Sumatera Barat, Lancang Kuning Riau, Gunung Kerinci, Danau Toba Sumatera Utara, Pelabuhan Bakauheni Lampung, dan masih banyak lainnya. 

Pulau Sumatera memiliki 10 provinsi, yaitu: 

Baca juga: Mengenal Tari Indang, Sumatera Barat

Berikyt penjelasannya: 

Provinsi Aceh

Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukota di Banda Aceh. Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus. 

Provinsi Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia.  Berbatasan (laut) dengan India, Myanmar, Thailand, dan Malaysia. Di sebelah Timur, Provinsi NAD berbatasan dengan laut dan Provinsi Sumatera Utara. 

Puncak tertinggi Provinsi Aceh yaitu Gunung Leuser dengan ketinggian 4.446 meter di atas permukaan laut. Provinsi NAD memiliki 119 buah pulau, 73 sungai yang besar dan 2 buah danau.

Mayoritas penduduk di Provinsi NAD memeluk agama Islam. Secara administratif Provinsi Aceh terdiri dari 18 Kabupaten dan 5 Kota, 228 Kecamatan, 629 Mukim, serta 5947 Kelurahan/Desa.

Memiliki jumlah penduduk sebanyak 5.274.871 (2020) dengan luas wilayah 58.377 km² dan Rata-rata ketinggian 125 mdpl.

Provinsi Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Utara pulau Sumatera. Provinsi ini beribukota di Kota Medan dan memiliki luas daratan 72.981,23 km².

Menurut data kependudukan tahun 2020, Sumatera Utara memiliki jumlah penduduk sebanyak 14.799.361 jiwa, sehingga Provinsi Sumatera Utara menduduki urutan keempat sebagai provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia.

Terdapat 419 pulau di provinsi Sumatera Utara. Pulau-pulau terluar adalah pulau Simuk (kepulauan Nias), dan pulau Berhala di selat Sumatra (Malaka), kepulauan Nias, Kepulauan Batu, Imanna, Pasu, Bawa, Hamutai, Batu Makalele, Lego, Masha, Bau, Simaleh, Makole, Jake, Sigata, dan Wunga.

Baca juga: 4 Lagu Daerah Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat beribukota di Padang, terletak sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Memiliki luas wilayah 42.013 km² dan jumlah penduduk sebanyak 5.534.472 jiwa (2020).

Provinsi Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota, 179 kecamatan, 230 kelurahan, dan 1044 desa.

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Di Provinsi Sumatera Barat pada umumnya terdapat tiga bahasa yang digunakan yakni, bahasa Minangkabau, Batak, dan Mentawai. 

Kekhasan Sumatera Barat dapat dilihat dari rumah gadang, masakan rendang, dan bahasa Minang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Provinsi Riau

Provinsi Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera dan beribukota di Pekanbaru. Wilayah pesisirnya berbatasan dengan Selat Malaka.

Riau merupakan rumah bagi bangsa Melayu Indonesia. Hal ini karena hampir 2.000 jiwa atau 33,20 persen adalah bangsa Melayu. 

Setelah bangsa Melayu, suku Jawa menempati posisi kedua terbesar dengan jumlah sekitar 1.700 jiwa atau 28 persen dari jumlah penduduk Riau. 

Riau memiliki luas 87.024 km² dan dihuni oleh 6.394.0870 jiwa (2020). Bahasa yang digunakan adalah bahasa melayu, jawa, minang dan sebagainya. 

Baca juga: Dek Sangke dan Cuk Mak Ilang, Lagu Daerah Sumatera Selatan

Provinsi Kepulauan Riau

Seperti provinsi asalnya, kepulauan Riau juga merupakan rumah bagi bangsa Melayu. Kepulauan Riau memiliki ribuan pulau dengan pulau-pulau besar seperti Batam, Natuna, Anambas dan pulau-pulau lainnya. Beribukota di kota Tanjung Pinang, provinsi ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia. 

Batas-batas Kepulauan Riau adalah:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Bangka Belitung dan Jambi
  • Sebelah timur berbatasan dengan Malaysia dan Kalimantan Barat 
  • Sebelah barat berbatasan dengan Singapura, Malaysia, dan Riau

Pada tahun 2020, penduduk Kepulauan Riau berjumlah 2.064.564 jiwa, dengan kepadatan 252 jiwa/km², dan 58 persen penduduknya berada di kota Batam.

Provinsi Jambi

Selain Gunung Kerinci yang menjadi gunung tertinggi di pulau Sumatera, Jambi terkenal dengan Candi Muara Jambi di kabupaten Muaro Jambi. 

Candi Muara Jambi merupakan komplek percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara dengan luas 3.981 hektar. 

Kemungkinan besar merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu, yang diperkirakan berasal dari abad ke-7—12 Masehi.

Provinsi Jambi beribukota di Jambi. Provinsi ini memiliki luas wilayah 50.160,05 km². Berdasarkan data BPS tahun 2021, Provinsi Jambi memiliki jumlah penduduk sebesar 3.548.228 jiwa.

Masakan khas Jambi seperti Tempoyak Baung, Gangan Belut Berembang, serta kue pedamaran akan sangat mudah dijumpai di saat bulan Ramadhan tiba. 

Provinsi Jambi memiliki sembilan Kabupaten dan dua kota. Provinsi Jambi juga memiliki bentangan alam yang bervariasi. Mulai dari pantai timur di kabupaten Tanjung jabung Timur hingga puncak tertinggi di Pulau Sumatera, Gunung Kerinci.

Tarian khas Jambi yaitu Tari Sekapur Sirih. Rumah Panggung merupakan rumah adat provinsi Jambi, keris sebagai senjata khasnya, sedangkan flora dan fauna khasnya adalah pinang merah dan harimau. 

Baca juga: 4 Lagu Daerah Sumatera Barat

Provinsi Bengkulu

Bengkulu beribu kota di kota Bengkulu. Provinsi ini terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatera, yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung di wilayah sekitarnya.

Pada tahun 2021, jumlah penduduk provinsi ini sebanyak 2.091.314 jiwa, dengan kepadatan 105 jiwa/km.  

Suku-suku yang mendiami Bengkulu yakni Rejang, Serawai, Kaur, Mukomuko, Pekal dan Lembak.

Makanan tradisional dari Bengkulu, antara lain Bay Tat, Godok-godok, Kelicuk, Keripik ikan beledang, Lema, Lempok durian serta Pendap.

Tari-tarian tradisional dari Bengkulu, yaitu Tari Bidadari Menimang Anak, Tari Tombak Kerbau, Tari Gandai, Tari Putri Gading Cempaka, Tari Pukek, Tari Andun, Tari Kejei, dan Tari Penyambutan.

Provinsi Sumatera Selatan

Jembatan Ampera dan Pempek Palembang merupakan dua hal yang sangat melekat pada provinsi di selatan Sumatera ini. Ibukota Sumatera Selatan berada di kota Palembang, dan pada tahun 2021 penduduk provinsi ini berjumlah 8.550.849 jiwa.

Provinsi ini kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Luas daerah seluruhnya adalah 87.017.41 km2.

Batas batas wilayah Provinsi Sumatera Selatan sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Jambi
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Lampung
  • Sebelah timur berbatasan dengan Selat Bangka dan Provinsi Bangka Belitung
  • Sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Senjata Tradisional Sumatera Barat

Provinsi Bangka Belitung

Bangka Belitung beribukota di Pangkal Pinang. Bangka Belitung memiliki dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta ratusan pulau-pulau kecil. 

Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah.

Batas-batas Provinsi Bangka Belitung, yaitu: 

  • Sebelah utara dengan Laut Natuna
  • Sebelah timur dengan Selat Karimata
  • Sebelah selatan dengan Laut Jawa
  • Sebelah barat berbatasan dengan Selat Bangka

Suku-suku yang menempati wilayah ini yaitu Melayu dan suku lainnya. Serta bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Hokkien, dan lain sebagainya. Penduduk Provinsi Bangka Belitung pada 2020 berjumlah 1.455.678 jiwa. 

Provinsi Lampung

Pelabuhan Bakauheni merupakan gerbang menuju Provinsi Lampung dan Pulau Sumatera pada umumnya.

Provinsi Lampung lahir pada tanggal 18 Maret 1964 dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 3/1964 yang kemudian menjadi Undang-undang Nomor 14 tahun 1964. Sebelum itu Provinsi Lampung merupakan karesidenan yang tergabung dengan Provinsi Sumatera Selatan. 

Batas-batas Provinsi Lampung, yakni: 

  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia
  • Sebelah timur dengan Laut Jawa
  • Sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda

Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di pulau Sumatera, dengan ibu kota atau pusat pemerintahan berada di kota Bandar Lampung. Provinsi ini memiliki dua kota yaitu kota Bandar Lampung dan kota Metro, serta 13 kabupaten.

Pada tahun 2020, penduduk provinsi Lampung berjumlah 9.007.848 jiwa, dengan kepadatan penduduk 268 jiwa/km².

Baca juga: 3 Senjata Tradisional Sumatera Selatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi