Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi makhluk hidup
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Jambi 

 

KOMPAS.com - Makhluk hidup adalah organisme yang menjalankan berbagai fungsi kehidupan. Makhluk hidup terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Semua makhluk hidup memiliki ciri khas yang membedakannya dengan benda mati. 

Secara umum, ciri-ciri makhluk hidup adalah: 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Mengapa Makhluk Hidup Perlu Berkembang Biak?

Brikut  penjelasannya masing-masing, yaitu: 

Bernapas

Semua makhluk hidup memerlukan pernapasan atau respirasi. Dalam proses pernapasan, makhluk hidup mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan zat berupa karbon diokasida serta uap air.

Oksigen di dalam tubuh makhluk hidup digunakan untuk proses pembakaran (oksidasi). Dari proses ini akan dihasilkan energi yang akan digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Makhluk hidup butuh makan dan minum

Semua jenis makhluk hidup membutuhkan makanan dan air untuk bertahan hidup. Namun, bentuk dan prosesnya sangat variatif.

Misalnya, hewan memakan makanan yang ada di alam tanpa diolah kembali, seperti rumput, biji-bijian, dan sebagainya.

Sedangkan tumbuhan mengambil makanan dari lingkungan berupa unsur-unsur dan mineral yang kemudian diolah pada proses fotosintesis. Selain untuk memperoleh energi, makanan dan minuman dibutuhkan makhluk hidup untuk pertumbuhan serta penggantian sel-sel tubuh yang rusak.

Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh merupakan suatu proses bertambah besarnya ukuran tubuh makhluk hidup yang tidak dapat kembali ke bentuk semula.

Sedangkan berkembang merupakan suatu proses pencapaian kedewasaan, mulai dari bentuk atau keadaan yang sederhana, seperti biji berproses menjadi buah.

Baca juga: Tiga Komponen Utama Sel Makhluk Hidup

Berkembang biak atau bereproduksi

Setiap jenis makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan individu baru atau untuk mempertahankan populasinya. Kemampuan untuk berkembang biak adalah kemampuan dasar yang membedakan makhluk hidup dengan benda mati.

Menerima dan memberikan respons (iritabilitas)

Setiap jenis makhluk hidup sangat mudah terangsang untuk melakukan tanggapan terhadap perubahan dalam lingkungannya.

Tanggapan yang diperlihatkan dapat berupa gerakan, seperti gerak tumbuh, gerak sebagian tubuh, atau gerak berpindah tempat.

Ada banyak jenis rangsangan yang akan diterima makhluk hidup, mulai dari cahaya, air, suhu, sentuhan, suara, bau, dan sebagainya.

Contohnya, manusia akan refleks menutup matanya saat ada cahaya atau sorot lampu yang mengenai wajahnya, tumbuhan putri malu akan mengatupkan daunnya saat diberikan sentuhan, dan sebagainya. 

Bergerak

Semua makhluk perlu melakukan aktivitas untuk bertahan hidup. Aktivitas tersebut dilakukan dengan bergerak.

Setiap makhluk hidup memiliki alat gerak, baik alat gerak aktif maupun pasif. Bukan hanya manusia dan hewan, tumbuhan dan bakteri juga dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda.

Baca juga: Sifat-sifat Organisasi sebagai Makhluk Hidup

Mampu beradaptasi

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tanpa kemampuan untuk beradaptasi, makhluk hidup tidak akan dapat mempertahankan diri.

Contoh, adaptasi makhluk hidup adalah unta menyimpan cadangan air di punuknya agar tidak dehidrasi untuk bertahan hidup di daerah gurun pasir yang gersang.

Mengeluarkan zat sisa

Semua makhluk hidup akan mengeluarkan zat sisa atau disebut juga ekskresi. Zat sisa ini berasal dari semua proses yang terjadi dalam tubuh setiap makhluk hidup.

Tubuh harus mengeluarkan zat sisa tersebut agar tidak menumpuk dan mengganggu kinerja tubuh. Zat sisa ini terdiri dari berbagai bentuk, seperti zat sisa dari proses oksidasi yaitu berupa uap air dan gas karbon dioksida.

Ada juga zat sisa berupa keringat, urin, atau feses yang terjadi pada tubuh manusia atau hewan sebagai hasil dari proses pencernaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi