Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Tumbuhan Tidak Dapat Berpindah Tempat?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Mengapa tumbuhan tidak dapat berpindah tempat? Karena tumbuhan memiliki akar yang berada di dalam tanah.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Bergerak merupakan aktivitas berpindah tempat yang dilakukan makhluk hidup dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

Misal, harimau berpindah tempat untuk mengejar mangsanya, dan kuda bergerak untuk menghindari terkaman harimau.

Ini tidak hanya terjadi pada hewan, tetapi juga manusia. Sebab bergerak merupakan ciri utama makhluk hidup, selain bernapas, makan, dan tumbuh.

Meski begitu, tumbuhan sebagai makhluk hidup ternyata tidak bisa berpindah tempat. Mereka hanya berdiam diri di suatu tempat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan tumbuhan tidak dapat berpindah tempat

Pada dasarnya tumbuhan bisa bergerak, sama seperti manusia dan hewan. Namun, tumbuhan hanya mampu bergerak secara pasif. Sebab tidak ada perpindahan tempat.

Baca juga: Apakah Tumbuhan juga Bergerak?

Mengapa tumbuhan tidak dapat berpindah tempat?

Dilansir dari situs UCSB Science Line, alasan utama mengapa tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, yakni karena mereka memiliki akar di dalam tanahnya.

Bagi tumbuhan, fungsi akar ini sangatlah banyak. Beberapa di antaranya, yaitu mendukung tanaman agar tidak tumbang, dan menyediakan air serta nutrisi dari dalam tanah.

Menurut Mochamad Indrawan, dkk dalam buku Biologi Konservasi: Edisi Revisi (2007), tumbuhan tidak dapat berpindah secara aktif ke lingkungan baru.

Agar bisa berpindah tempat, tumbuhan memerlukan media perantara. Contohnya manusia memindahkan tanaman dari dalam ke luar rumah.

Selain manusia, penyebaran tumbuhan bisa dilakukan dengan bantuan angin, hewan, maupun air. Ketiga komponen ini membantu proses penyerbukan tumbuhan.

 

Adapun yang dimaksud penyerbukan adalah proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.

Kesimpulannya, alasan mengapa tumbuhan tidak dapat berpindah tempat karena mereka memiliki akar yang terhubung ke dalam tanah.

Meski begitu, tumbuhan tetap bisa tersebar dari satu tempat ke tempat lainnya karena dibantu manusia, angin, hewan, dan air dalam proses penyerbukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi