Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Unsur Tari

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi unsur-unsur tari
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Seni tari adalah gerak badan meliputi tangan dan sebagainya yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian, seperti musik, gamelan, dan lain-lain.

Dalam tarian terdapat berbagai unsur yang saling mendukung, sehingga memunculkan perpaduan yang harmonis. Keharmonisan itu akan membuat sajian tari menjadi indah dan menarik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerak menjadi unsur utama dalam tari, selain gerak masih ada unsur-unsur lain yang mendukung tari menjadi indah dan menarik, seperti tata busana, tata rias, iringan, properti tari, dan tempat pertunjukan. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut pembahasannya:

Baca juga: 10 Definisi Seni Tari Menurut Para Ahli

Gerak

Unsur utama tari adalah gerak tubuh manusia. Gerak tari merupakan gerak yang diperhalus dan diberi unsur keindahan sehingga dapat dinikmati orang lain. Gerak tari diperagakan berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga.

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas gerak tari yang berbeda. Gerak tari terbagi dua macam yaitu, gerak tari murni dan gerak tari maknawi.

Gerak tari murni adalah gerak yang tidak mengandung arti tetapi tetap mementingkan keindahan, sebaliknya gerakan tari maknawi memiliki arti tertentu.

Tata busana

Unsur tata busana dalam tari meliputi semua pakaian yang digunakan penari saat mempertunjukkan tarian di atas pentas sesuai dengan peran yang ditampilkan.

Tata busana tari disesuaikan dengan konsep, tema, karakter dan jenis tarian. Tata busana membantu penonton menangkap ciri sebuah peran atau tokoh. Tata busana juga memperlihatkan kesesuaian hubungan antara peran dan karakter tarian yang ditampilkan.

Baca juga: Mengenal Tari Sirih Kuning, Tarian Asal Betawi

Tata rias

Unsur tata rias dalam tari berfungsi untuk mengubah karakter wajah pribadi untuk menjadi karakter tokoh yang dibawakan. Selain itu, untuk memperkuat ekspresi dan untuk menambah daya tarik atau kecantikan penari.

Kategori rias dapat dibagi menjadi tiga, yaitu: 

Tata rias korektif adalah rias dengan cara mempertegas garis wajah tanpa mengubah karakter orang itu sendiri.

Tata rias karakter adalah rias yang hanya mempertegas garis wajah, tanpa mengubah karakter wajah yang sesungguhnya.

Tata rias fantasi adalah rias yang tak hanya mempertebal garis wajah, tetapi mengubah karakter wajah yang sesungguhnya. Di mana dalam rias ini kita dapat melukis obyek pada wajah kita, misalkan melukis obyek hewan atau bunga.

Baca juga: Pengertian Drama Tari  dan Ciri-cirinya

Iringan tari

Unsur iringan tari adalah iringan bunyi-bunyian yang mendukung suasana penyajian karya tari. Iringan dapat dilakukan dengan permainan alat musik tradisional, modern, atau hanya bunyi yang berasal dari gerak tubuh, seperti siulan, nyanyian, hentakan kaki atau tepuk tangan.

Iringan musik atau bunyi-bunyian pada tari menambahkan kesan emosional dan menambah daya tarik untuk pertunjukan tari.

Properti tari

Unsur properti dari adalah semua alat yang digunakan penari dalam melakukan gerak tari.  Properti tari dapat  berupa kostum tari. Kostum tari adalah keseluruhan dari semua busana yang dipakai penari saat melakukan pertunjukan tari sesuai dengan peran yang ditampilkan. 

Fungsi kostum penari untuk membantu menghidupkan karakter atau watak yang diperankan penari. Properti-properti lain yang dapat mendukung tari selain kostum adalah piring, kuda kepang, keris, tombak, tameng, dan masih banyak lainnya. Pemilihan properti tari disesuaikan dengan jenis tari yang akan ditampilkan.

Tempat pertunjukan

Tari sebagai kegiatan pertunjukan, oleh karena itu unsur tari tidak lepas dari lokasi atau tempat pertunjukan, tempat pertunjukan tari biasanya dilakukan di atas panggung.

Terdapat dua jenis pentas tempat pertunjukan tari yang umum yakni, pentas terbuka dan pentas tertutup. Pentas terbuka biasanya diadakan di halaman, lapangan, atau jalan. Sementara pentas tertutup diadakan di aula, di gedung, atau di ruang kelas.

Baca juga: Jenis Tari Berdasarkan Bentuk Penyajiannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi