Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung: Pengertian, Jenis, Bahan, dan Teknik Membuatnya

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi teknik memahat patung
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN 111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Sejak ribuan tahun lalu, manusia akrab dengan patung. Di Indonesia patung banyak digunakan untuk bermacam-macam keperluan. Patung dapat digunakan sebagai hiasan, monument, dan lain sebagainya.

Patung diciptakan sebagai wujud ekspresi gagasan dari seorang seniman agar bisa dinikmati keindahan dan fungsinya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni, dan dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi volume) atau metode aditif (penambahan volume). Orang yang membuat patung adalah pematung.

Baca juga: Patung Deformatif: Pengertian dan Contohnya

Jenis patung berdasarkan kegunaannya

Patung juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kegunaanya, yaitu: 

Bahan pembuatan patung

Dalam proses pembuatan patung ada lima bahan yang digunakan, yaitu bahan lunak, bahan sedang, bahan keras, bahan cor atau cetak, dan bahan limbah. Berikut penjelasan dari bahan-bahan tersebut: 

Baca juga: Patung Monumen: Pengertian dan Contohnya

Teknik pembuatan patung

Teknik adalah proses cara pembuatan yang ditetapkan dalam menciptakan suatu karya seni. Dalam seni membuat patung ada beberapa teknik yang dapat dilakukan, sebagai berikut: 

Teknik pahat yaitu teknik yang dilakukan dengan mengurangi obyek bahan yang ingin dibuat menjadi patung dengan cara memahat. Teknik ini biasanya digunakan untuk membuat patung dan relief berbahan dasar kayu ataupun batu. Alat yang digunakan dalam teknik pahat ini adalah palu dan pahat.

Teknik butsir adalah teknik yang  biasanya dipakai untuk membuat patung dengan bahan lunak, dengan cara mengurangi atau menambahkan bahan dengan menggunakan alat butsir.

Teknik merakit merupakan teknik mematung dengan cara menggabungkan atau merangkai untuk mendapatkan bentuk patung yang diinginkan. Teknik ini biasanya dilakukan untuk merakit atau menggabungkan bahan-bahan logam dengan cara mengelas.

Teknik cor adalah teknik mematung dengan cara membuat cetakan berbentuk patung terlebih dahulu, lalu bahan adonan cor dimasukan kedalam cetakan yang sudah disiapkan. Teknik ini akan menghasilkan patung dengan bentuk beton.

Teknik cetak yaitu teknik mematung dengan cara membuat cetakannya terlebih dahulu. Teknik ini sama dengan teknik cor, tapi pembukaan tidak dengan bahan cor melainkan dengan bahan-bahan lunak yang dapat langsung dicetak

Baca juga: Keterampilan yang Harus Dimiliki untuk Membuat Patung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi