Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sumpah Palapa, Sumpah yang Diucapkan Mahapatih Gajah Mada

Baca di App
Lihat Foto
Wikipedia.org
Gajah Mada saat mengucapkan Sumpah Palapa.
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

 

KOMPAS.com - Kerajaan Majapahit didirikan dan dipimpin oleh Raden Wijaya hingga 1308. Setelah wafat, ia digantikan oleh putranya, yakni Prabu Jayanegara.

Pada masa pemerintahannya, banyak terjadi pemberontakan. Salah satunya, Pemberontakan Kuti. Saat pemberontakan, Kerajaan Majapahit sangatlah kacau. Akhirnya Prabu Jayanegara memanggil Patih Gajah Mada.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemampuan Gajah Mada dalam mengatasi pemberontakan

Kepada Prabu Jayanegara, Gajah Mada memberi pilihan teraman, yaitu mengungsi ke Desa Bedander. Desa tersebut merupakan desa di bawah kekuasaan Majapahit.

Di desa tersebut, Gajah Mada mengatur siasat perang untuk mengatasi pemberontakan Kuti. Siasat yang digunakannya itu berhasil, dan Majapahit dapat direbut kembali.

Setelah berhasil mengatasi Pemberontakan Kuti, Gajah Mada diangkat menjadi Patih Kahuripan. Pada 1328, Prabu Jayanegara wafat dan digantikan oleh putrinya, yaitu Tribuana Tunggadewi sebagai ratu Majapahit.

Pada masa pemerintahannya, pemberontakan kembali terjadi. Pemberontakan terbesar pada masanya itu diberi nama Pemberontakan Sadeng.

Baca juga: Faktor Majapahit menjadi Kerajaan Besar Agraris dan Perdagangan

Pasukan Majapahit di bawah pimpinan Patih Majapahit menjadi salah satu yang terkuat. Akhirnya, pemberontakan tersebut dapat ditumpas.

Kemampuan Patih Gajah Mada untuk mengatasi berbagai pemberontakan, membuat Ratu Tribuana Tunggadewi memutuskan untuk memberi kenaikan pangkat kepadanya, yakni  Mahapatih Gajah Mada.

Pengucapan Sumpah Palapa oleh Mahapatih Gajah Mada

Saat pengangkatannya, Gajah Mada memohon kepada Ratu Tribuana Tunggadewi untuk mengucapkan sumpah yang berbunyi :

“Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Samana isun amukti palapa.”

Secara umum, arti sumpah tersebut adalah:

“ Saya bersumpah, sebelum saya bisa menaklukkan seluruh Nusantara, mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang dibawah kekuasaan Majapahit, saya tidak akan memakan buah palapa.”

Baca juga: Peninggalan Sejarah Kerajaan Majapahit

Buah Palapa sendiri belum diketahui secara jelas bagaimana bentuk dan rasanya. Namun menurut para ahli, sumpah tersebut diartikan bahwa Mahapatih Gajah Mada tidak akan merasakan kenikmatan duniawi sebelum seluruh Nusantara bersatu.

Selanjutnya, sumpah Mahapatih Gajah Mada itu dikenal sebagai Sumpah Palapa.

Kala itu, banyak kalangan yang meragukan Sumpah Palapa Gajah Mada. Banyak yang menganggap bahwa sumpah tersebut hanyalah kesombongan belaka.

Ucapan sinis keluar dari Ra Kembar dan Ra Banyak. Mendengar ucapan tersebut, Mahapatih Gajah Mada merasa tersinggung, dan berusaha keras untuk membuktikan isi sumpahnya.

Pada 1350, Ratu Tribuana Tunggadewi lengser dan digantikan putranya, Hayam Wuruk. Pada masa kepemimpinan Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada, kehidupan masyarakat Majapahit menjadi sangat makmur.

Kerajaan Majapahit akhirnya mampu menyatukan seluruh Nusantara. Wilayah Kerajaan Majapahit sangatlah luas, meliputi seluruh Nusantara ditambah Semenanjung Malaya, Tumasik atau Singapura, serta bagian selatan Filipina.

Baca juga: Asal-usul Berdirinya Kerajaan Majapahit

Jika dibandingkan dengan wilayah Indonesia saat ini, wilayah Kerajaan Majapahit jauh lebih luas.

Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada berhasil dipenuhi. Meski begitu, hal ini tidak membuatnya besar hati. Ia merasa bahwa apa yang telah dicapainya itu, merupakan hasil kerja keras seluruh penduduk Majapahit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi