Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kerajaan Islam di Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
wikimedia.org
Keraton Kerajaan Ternate, salah satu kerajaan Islam di Indonesia
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: Yopi Nadia, SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Agama islam pertama kali masuk ke Indonesia sejak akhir abad ke-6 Masehi. Islam semakin berkembang lewat kemunculan kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara.

Kerajaan Islam di Indonesia berjaya sejak abad ke-13 Masehi karena jalur perdagangan dari Timur Tengah, India, dan negara-negara lainnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada beberapa kerajaan islam besar yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Kerajaan-kerajaan tersebut kemudian mempengaruhi penyebaran agama islam di Indonesia.

10 kerajaan Islam yang ada di Indonesia adalah

Baca juga: Teori Masuknya Islam di Nusantara

Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia. Samudera Pasai didirikan oleh Sultan Malik Al Saleh atau dikenal dengan nama Meurah Silu.

Kerajaan Samudera Pasai didirikan di Kabupaten Lhokseumawe, Aceh pada tahun 1267-1521. 

Samudera Pasai menjadi salah satu pusat perdagangan rempah-rempah, sehingga banyak didatangi oleh para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, India, bahkan sampai Tiongkok.

Pada tahun 1521 Kerajaan Samudera Pasai runtuh karena adanya konflik internal, yaitu perebutan kekuasaan dan juga perang saudara.

Selain itu, keruntuhan Samudera Pasai juga disebabkan oleh penyerangan dari Portugis. 

Baca juga: Samudera Pasai, Kerajaan Islam Pertama di Nusantara

Kerajaan Demak

Kerajaan yang berada di Jawa Barat ini didirikan oleh Raden Fatah pada tahun 1478 saat Kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan.

Kerajaan Demak merupakan kerajaan pertama di Pulau Jawa sekaligus salah satu kerajaan terbesar di Pulau Jawa. 

Kerajaan Demak memiliki peran yang besar dalam penyebaran agama islam di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan Kerajaan Demak mendapat dukungan dari sembilan tokoh penyebar agama islam yang dikenal dengan sebutan Wali Songo.

Raja dari Kerajaan Demak yang paling terkenal adalah Raden Fatah, Pati Unus, Sultan Trenggono, Sunan Prawoto, dan Arya Penangsang.

Kerajaan Demak mengalami keruntuhan karena adanya perang saudara antara Sultan Trenggono dan Pangeran Surowiyoto, juga pemberontakan dari Jaka Tingkir.

Baca juga: Keruntuhan Kerajaan Demak

Kerajaan Ternate

Kerajaan Ternate atau dikenal dengan Kerajaan Gapi terletak di wilayah Ternate, Maluku Utara.

Kerajaan Ternate adalah kerajaan Islam di Indonesia yang didirikan oleh Sultan Mahrum pada tahun 1257. Kerajaan Ternate merupakan salah satu sumber rempah-rempah terbesar di Maluku.

Salah satu pemimpin dari Kerajaan Ternate yang paling terkenal adalah Sultan Baabullah, putra dari Sultan Harun. Kerajaan Ternate meraih puncak kejayaannya di masa pimpinan Sultan Baabullah.

Kerajaan Gowa

Kerajaan Gowa didirikan pada tahun 1300 di wilayah Sulawesi Selatan. Raja pertamanya adalah Sultan Alauddin.

Gowa mencapai masa kejayaannya dibawah pimpinan Sultan Hasanuddin, yaitu cucu dari Sultan Alauddin. 

Baca juga: Peran Walisongo dalam Penyebaran Islam di Tanah Jawa

Kerajaan Islam Cirebon

Kerajaan Islam Cirebon didirikan oleh Pangeran Walangsungsang pada tahun 1430. Kerajaan Islam Cirebon merupakan pusat penyebaran agama islam di Jawa Barat.

Kerajaan Islam Cirebon mencapai puncak kejayaan di masa pimpinan Raden Fatahillah. Pada masa keruntuhannya, Kerajaan Islam Cirebon terbagi menjadi dua, yaitu Kesultanan Kasepuhan dan Kesultanan Kanoman.

Kerajaan Islam Banten

Kerajaan Islam Banten didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin yang merupakan putra dari pimpinan Kerajaan Islam Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati.

Kerajaan Islam Banten ikut serta dalam melawan monopoli perdagangan yang dilakukan oleh VOC.

Perlawanan kala itu dipimpin oleh salah satu pemimpin paling terkenal dari Kerajaan Islam Banten, yaitu Sultan Agung Tirtayasa.

Baca juga: Mengenal Sultan Hasanuddin, “Ayam Jantan Dari Timur”

Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Mataram Islam didirikan di Yogyakarta pada tahun 1588. Dua tokoh pendiri Kerajaan Mataram Islam adalah Ki Ageng Pemanahan dan Ki Ageng Sela.

Raja pertama Kerajaan Mataram Islam adalah Raden Mas Sutawijaya alias Panembahan Senapati yang merupakan putra dari Ki Ageng Pemanahan.

Kerajaan Mataram islam mengalami puncak kejayaan dibawah pimpinan Sultan Agung.

Saat itu, Sultan Agung berhasil menguasai nyaris seluruh tanah Jawa dan membantu perlawanan terhadap VOC bersama dengan Kerajaan Banten dan Kerajaan Cirebon.

Baca juga: Sultan Agung Melawan Jan Pieterszoon Coen

Kerajaan Aceh Darussalam

Kerajaan Aceh Darussalam didirikan pada tahun 1496 di Banda Aceh. Pemimpin pertama Kerajaan Aceh Darussalam adalah Sultan Ali Mughayat Syah.

Kerajaan Aceh Darussalam menunjukkan perlawanan terhadap imperialisme Eropa. Pada masanya, Kerajaan ini dikenal sebagai penghasil lada terbesar.

Kesultanan Malaka

Kesultanan Malaka adalah kerajaan islam di Indonesia yang terletak di Malaka. Kerajaan ini didirikan oleh Parameswara pada tahun 1405.

Awalnya, masyarakat di Malaka bukanlah pemeluk islam. Dengan berkembangnya kepemimpinan Kerajaan Malaka, maka agama islam mulai tersebar dan semakin banyak masyarakat yang mulai menganut agama islam. 

Baca juga: Jatuhnya Malaka ke Tangan Portugis

Kerajaan Pajang

Kerajaan Pajang merupakan kerajaan yang berdiri setelah runtuhnya Kerajaan Demak. Kerajaan ini didirikan oleh Jaka Tingkir alias Sultan Hadiwijaya.

Jaka Tingkir memindahkan seluruh kekuasaan dan benda pusaka dari Kerajaan Demak ke Pajang setelah merebut kekuasaan Demak dari Arya Penangsang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi