Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Charles Babbage, Ilmuwan yang Menemukan Komputer

Baca di App
Lihat Foto
wikipedia.org
Charles Babbage
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Komputer merupakan perangkat yang dirancang untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia. Namun,tahukah kalian siapa penemu komputer? Penemu komputer adalah Charles Babbage. 

Latar belakang Charles Babbage

Charles Babbage adalah seorang matematikawan asal Inggris yang merupakan tokoh penemu konsep komputer digital pertama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Charles Babbage lahir pada 26 Desember 1791, di London, Inggris, dari pasangan Benjamin Babbage and Betsy Plumleigh Teape.

Babbage lahir dari keluarga yang berada. Ayahnya merupakan seorang bankir dan pemilik tanah Bitton di Teignmouth. Adapun, kakeknya merupakan Wali Kota Totnes di Inggris.

Baca juga: Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.

Di usia 20 tahunan Babbage bekerja sebagai seorang ahli matematika terutama dibidang fungsi kalkulus. Tahun 1816, Babbage terpilih sebagai anggota Royal Society. 

Awal mula penemuan komputer

Adapun, pada tahun 1820 Babbage mulai tertarik pada mesin hitung, Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan.

Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia.

Pada saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal,dan Gottfried Leibniz.

Baca juga: Alasan Komputer terus Berkembang setiap Masa

Tahun 1821 Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel Matematika.

Saat melengkapi mesin tersebut pada tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika dan mesin ini bisa memanipulasi simbol umum.

Mesin buatan Charles Babbage ini menjadi cikal bakal dari komputer modern. Mesin yang berhasil dikembangkan pada tahun 1856 diberi nama Analytical Engine.

Mesin Analytical Engine yang telah diciptakan dan dikembangkan oleh Charles Babbage memiliki karakteristik dari komputer modern.

Dalam hal ini, yang dimaksud karakteristik modern, seperti pemakaian punched card, adanya sebuah tempat memori yang berfungsi untuk memasukkan angka, dan beberapa komponen dasar komputer lainnya.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Komputer Sebelum 1940

Berkat kemampuannya dalam bidang matematika, Charles Babbage pada tahun 1828-1839 memperoleh gelar The Lucasian Chair of Mathematics (sebuah gelar profesor matematika yang paling bergengsi di dunia) dari Universitas Cambridge.

Pada tanggal 18 Oktober 1871, Charles Babbage meninggal dunia dengan meninggalkan penemuan yang sangat berharga, yaitu mesin komputer.

Beliau meninggal dunia pada usia 79 tahun. Berkat penemuan yang berharganya tersebut, kita bisa menggunakan alat elektronik komputer dengan baik dan maksimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi