Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Self Efficacy?

Baca di App
Lihat Foto
DOK. Freepik/rawpixel
Ilustrasi percaya diri.
Penulis: Syifa
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Keyakinan diri yang dimiliki setiap orang sangat berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh setelah mereka menyelesaikan pekerjaanya.

Ketika mengerjakan suatu hal, orang yang sejak awal memiliki keyakinan diri bahwa ia dapat menyelesaikan tugasnya dengan lancar akan lebih mudah melakukannya. Keyakinan diri tersebut dikenal dengan istilah self efficacy.

Menurut buku Self Efficacy – The Exercise of Control (1997) karya Bandura mengatakan bahwa self efficacy merupakan keyakinan atau penilaian diri yang berkaitan dengan kompetensi seseorang untuk dapat sukses dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Keyakinan diri ini secara lebih lanjut dapat memberikan alasan mengapa seseorang ada yang berakhir dengan keberhasilan dan kegagalan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Pentingnya Self Awareness untuk Optimalkan Potensi Masa Depan

Indikator self efficacy

Terdapat tiga indikator yang ada pada self efficacy yaitu:

Indikator ini berkaitan dengan tingkat kesulitan tugas yang diberikan. Setiap individu akan memiliki tingkat self efficacy yang berbeda-beda pada tugas-tugas yang sederhana, menengah, atau sangat sulit.

Indikator ini berkaitan dengan bagaimana individu mampu mengaitkan tugas-tugas dan pengalaman-pengalaman sebelumnya ketika menghadapi suatu tugas atau pekerjaan yang baru.

Indikator ini berkaitan dengan tingkat kekuatan seseorang terhadap keyakinannya. Tingkat self efficacy yang lebih rendah mudah digoyahkan oleh pengalaman-pengalaman yang memperlemahnya, sedangkan seseorang yang memiliki self efficacy yang kuat akan tekun dalam meningkatkan usaha meskipun dijumpai pengalaman yang memperlemahnya.

Baca juga: Perbedaan Self Healing, Self Love, Self Reward, dan Self Care yang Sering Disebut

Faktor-faktor yang memengaruhi self efficacy

Tentunya setiap orang memiliki tingkat self efficacy yang berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang memengaruhinya.

Dilansir dari buku Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (2008) karya Ormrod beberapa faktor yang memengaruhi self efficacy ialah:

Baca juga: Self Awareness Jadi Kunci Sukses di Masa Depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi